SKRIPSI PAI
Konsep Etika Guru Terhadap Murid Menurut KH. Hasyim Asyari dan Relevansinya terhadap Kode Etik Guru di Indonesia
Salah satu faktor terpenting bagi seorang guru adalah etika. Suatu pekerjaan dikatakan profesional apabila pekerjaan tersebut memiliki kode etik begitu juga guru. Kode etik berisi norma dan etika yang mengikat perilaku guru dalam pelaksanaan tugas keprofesionalannya. Berbagai masalah muncul dalam dunia pendidikan kita saat ini, para pelajar dinilai mulai kehilangan kepekaan moral hingga peran guru sebagai pengajar dan pendidik yang beretika mulai dipertanyakan. Oleh karena itu, baiknya guru menengok kembali pemikiran-pemikiran tokoh pendidikan yang telah memberikan tauladan. Pemikiran KH. Hasyim Asy’ari tentang pendidikan salah satunya yaitu tentang konsep etika guru terhadap murid. Pemikiran beliau perlu dikaji lebih mendalam kemudian direlevansikan dengan kode etik guru agar dijadikan sebagai pandangan guru guna meningkatkan kualitas profesinya sebagai seorang pendidik.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1). Bagaimana etika guru terhadap murid menurut KH. Hasyim Asy’ari? 2). Bagaimana kode etik guru Indonesia? 3). Bagaimana relevansi konsep etika guru terhadap murid menurut KH. Hasyim Asy’ari terhadap kode etik guru Indonesia?. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1). Untuk mendeskripsikan tentang konsep etika guru terhadap murid. 2). Untuk mendeskripsikan tentang kode etik guru di Indonesia. 3). Untuk mendeskripsikan relevansi konsep etika guru terhadap murid terhadap kode etik guru di Indonesia.
Penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research) dengan pendekatan penelitian kualitatif yang menghasilkan analisa tanpa menggunakan analisis statistik ataupun kuantifikasi lainnya. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi. Sumber data yang digunakan berwujud data primer dan sekuder, sedang analisis datanya menggunakan metode deskriptif analisis dan content analisis.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konsep etika guru terhadap murid menurut KH. Hasyim Asy’ari relevan dengan kode etik guru di Indonesia. Relevansi etika guru terhadap murid terhadap kode etik guru di Indonesia penulis tekankan pada dua dimensi, pertama ditempatkan sebagai usulan dan yang kedua sebagai penekanan kembali terhadap pelaksanaan kode etik guru Indonesia. Kemudian dalam relevansi tersebut mencakup tiga aspek yaitu etika yang mencakup kepribadian guru, etika profesional dalam berinteraksi dengan murid dan etika sosial guru terhadap murid.
17SK1721103.00 | SK PAI 17.103 MUS k | My Library (Lantai 3, Ruang Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain