SKRIPSI PAI
"Peran Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa di MTs Wahid Hasyim Warungasem Batang Tahun 2014/2015"
vii
ABSTRAK
Uripah, Slamet. 2015. Peran Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam
Meningkatkan Kedisiplinan Siswa di MTs Wahid Hasyim Warungasem Batang
Tahun 2014/2015. Skripsi Jurusan/Program Studi Tarbiyah/S1 PAI Sekolah
Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pekalongan. H.Mutammam, M.Ed.
Kata kunci: Kepemimpinan Kepala Madrasah dan Kedisiplinan Siswa
Kedisiplinan digunakan sebagai barometer dalam upaya mengukur
kemajuan kepala madrasah dalam memimpin madrasahnya. Dengan demikian
dibutuhkan kepemimpinan kepala madrasah yang baik sehingga mampu
memotivasi, mempengaruhi dan menggerakkan anggotanya untuk melaksanakan
tugas dalam meningkatkan kedisiplinan siswa sehingga tercipta suasana belajar
yang kondusif di lingkungan madrasah serta dapat membina disiplin bagi siswa
sebagai generasi umat Islam dan bangsa Indonesia agar tidak mengalami
indisipliner dalam segala bidang. Kepala madrasah sebagai pemimpin dalam
lembaga pendidikan memiliki peran dalam meningkatkan kedisiplinan siswa.
Dalam penelitian ini penulis mengajukan permasalahan tentang bagaimana
kepemimpinan kepala madrasah di MTs Wahid Hasyim Warungasem Batang
Tahun 2014/2015? bagaimana kedisiplinan siswa di MTs Wahid Hasyim
Warungasem Batang Tahun 2014/2015? bagaimana peran kepemimpinan kepala
madrasah dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di MTs Wahid Hasyim
Warungasem Batang Tahun 2014/2015?. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah
untuk mendeskripsikan kepemimpinan kepala madrasah di MTs Wahid Hasyim
Warungasem Batang Tahun 2014/2015, untuk mendeskripsikan kedisiplinan
siswa di MTs Wahid Hasyim Warungasem Batang Tahun 2014/2015, dan untuk
mendeskripsikan peran kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan
kedisiplinan di MTs Wahid Hasyim Warungasem Batang Tahun 2014/2015.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan
kualitatif dengan jenis penelitian yang dilaksanakan adalah jenis penelitian
lapangan. Pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi,
Analisis data yang digunakan adalah analisis non-statistik yaitu menggunakan
analisis deskriptif kualitatif, data yang diperoleh (berupa kata-kata, gambar, dan
perilaku) tidak dituang dalam bentuk bilangan atau angka. Peneliti segera
melakukan analisis data dengan memberi pemaparan mengenai situasi yang
diteliti dalam bentuk uraian naratif.
Kepemimpinan kepala madrasah di MTs Wahid Hasyim Warungasem
Batang menggunakan gaya kepemimpinan demokratis dalam meningkatkan
Kedisiplinan siswa. Kedisiplinan siswa MTs Wahid Hasyim Warungasem Batang
cukup baik, hal tersebut terlihat dari jumlah siswa yang melanggar peraturan
semakin sedikit dan beberapa prestasi yang diraih oleh MTs Wahid Hasyim
Warungasem Batang. Dalam meningkatkan kedisiplinan siswa, kepala madrasah
melaksanakan perannya yaitu: sebagai educator (pendidik), manajer, motivator,
leader (pemimpin), dan innovator.
17SK1721038.00 | SK PAI 17.038 URI p | My Library (Skripsi Lantai 3) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain