SKRIPSI PAI
"Persepsi Masyarakat Kalilembu terhadap Pendidikan Agama Islam pada Anak Usia Dini di TK Pertiwi Kalilembu kecamatan Karangdadap kabupaten Pekalongan"
vii
ABSTRAK
Azizah, Nur. 2015. Persepsi Masyarakat Kalilembu terhadap Pendidikan Agama
Islam pada Anak Usia Dini di TK Pertiwi Kalilembu kecamatan Karangdadap
kabupaten Pekalongan. Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN)
Pekalongan. Pembimbinng Dr. Esti Zaduqisti, M. Si.
Kata Kunci : Persepsi Masyarakat, Pendidikan Agama Islam pada Anak Usia Dini
Pendidikan Agama Islam merupakan pendidikan yang sangat penting bagi
anak usia dini. Pada masa usia dini merupakan masa perkembangan anak baik
secara fisik maupun pemikiranya. Dalam membekali dan menyiapkan anak sejak
usia dini untuk memperoleh kesempatan dan pengalaman yang dapat membantu
perkembangan kehidupan selanjutnya untuk menjadi manusia yang seutuhnya dan
memperoleh keselamatan dan kesejahteraan hidup di akhirat. Masyarakat desa
Kalilembu tentu memiliki pandangan dalam persepsi yeng berbeda yang terkait
dengan pelaksanaan pendidikan agama Islam yang diselenggarakan di TK Pertiwi
Kalilembu kecamatan Karangdadap kabupaten Pekalongan. Pandangan atau
penialaian itu memunculkan persepsi yang berbeda-beda tentunya mengerucut
pada dua hal, yaitu setuju dengan mendukung atau tidak setuju dengan melakukan
upaya klarifikasi. Persepsi dari berbagai lapisan masyarakat mengenai pendidikan
agama Islam pada anak usia dini di sekolah akan berpengaruh terhadap
kelangsungkan sekolah itu sendiri.
Berdasarkan latar belakang masalah di atas, maka rumusan masalah dalam
skripsi ini adalah Bagaimana pelaksanaan pendidikan agama Islam pada anak usia
dini di TK Pertiwi kalilembu kecamatan Karangdadap kabupaten Pekalongan?
Bagaimana persepsi masyarakat kalilembu terhadap pelaksanaan pendidikan
agama Islam pada anak usia dini di TK Pertiwi Kalilembu kecamatan
Karangdadap Kabupaten Pekalongan? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah
untuk mengetahui pelaksanaan pendidikan agama Islam pada anak usia dini di TK
Pertiwi kalilembu kecamatan Karangdadap kabupaten Pekalongan, untuk
mengetahui persepsi masyarakat Kalilembu terhadap pelaksanaan pendidikan
Islam pada anak usia dini di TK Pertiwi Kalilembu kecamatan Karangdadap
Kabupaten Pekalongan. Sedangkan kegunaan praktis dalam penelitian ini dapat
dijadikan sebagai bahan masukan dalam meningkatkan kepedulian dan partisipasi
dalam upaya mencerdaskan dan mensejahterakan kehidupan masyarakat melalui
pendidikan agama Islam pada anak usia dini.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan
kualitatif, sedangkan jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field
research). Sumber data yang dipergunakan dalam penelitian ini ada dua macam
yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Tehnik pengumpulan data
yang digunakan adalah dengan menggunakan observasi, metode wawancara dan
metode dokumentasi. Jenis analisis data yang digunakan adalah dengan
menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan.
viii
Berdasarkan hasil penelitian di atas maka dapat diketahui bahwa terdapat
dua persepsi masyarakat terhadap pendidikan agama Islam pada anak usia dini di
TK Pertiwi Kalilembu kecamatan Karangdadap kabupaten Pekalongan, yaitu
persepsi positif dan persepsi negatif. persepsi positif dari masyarakat Kalilembu
terhadap pelaksanaan pendidikan agama Islam pada anak usia dini di TK Pertiwi
Kalilembu yang menganggap bahwa pelaksanaan pendidikan agama Islam di TK
pertiwi Kalilembu sangat bagus baik dari sarana dan prasarana maupun strategi
atau metode yang digunakan oleh gurunya. persepsi negatif dari masyarakat
Kalilembu terhadap pelaksanaan pendidikan agama Islam pada anak usia dini di
TK Pertiwi Kalilembu yang menganggap bahwa pelaksanaan pendidikan agama
Islam di TK Pertiwi kurang bagus baik dari sarana dan prasarana maupun strategi
yang dilakukan oleh gurunya.
17SK1721033.00 | SK PAI 17.033 AZI p | My Library (Skripsi Lantai 3) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain