SKRIPSI BKI
Peran "Guru Penasehat" Dalam Pembentukan Kemandirian Siswa Di PAUD Lu'Lu'Uzzman Kutosari Karanganyar Pekalongan (Studi Kasus Peran "Guru Penasehat" dalam Pembentukan Kemandirian)
Guru adalah seseorang yang memiliki peran untuk mendidik, membimbing, menilai, dan mengevaluasi siswa mereka. Guru di PAUD Lu’lu’uzzaman berbeda dari salah seorang guru biasa pada umumnya karena memiliki peran sebagai “guru penasehat”. Kepribadian guru menentukan corak pelayanan konseling yang dilakukanya. Kepribadian guru dapat menentukan bentuk hubungan antaraguru dan siswa, bentuk kualitas penanganan masalah, dan pemilihan alternatif pemecahan masalah. Tugas guru penaseatadalah untuk memberikan bimbingan kepada siswa dengan maksud agar siswa mampu mengatasi permasalahan dirinya.
Penelitian ini akan mengungkap bagaimana kemandiriansiswa PAUD Lu’lu’uzzaman Kutosari Karanganyar Pekalongan dan bagaimanan peran guru penasehat dalam membentuk kemandirian siswadi PAUD LU’lu’uzzaman. Tujuan peneliti adalah untuk mengetahui peran guru penasehatdalam mebentukkemandirian siswa di PAUD Lu’lu’uzzaman dan segala aktifitas yang dilakukan guru penasehat dalam memberikan bimbingan kepada siswa. Yang sedang berlangsung. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan pemahaman terhadap masyarakat dan wali murid PAUD Lu’lu’uzzman akan pentingnya peran guru penasehat dalam memberikan pendidikan kemandirian bagi siswa usia dini untuk pendidikan kemandirian sejak dini.
Jenis penelitian ini adalah field research menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan psikologi. Sasaran utama penelitian ini adalahguru penasehatdalam membentuk kemandirian di PAUD Lu’lu’uzzaman Kutosari Karanganayar Pekalongan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini diperoleh sebuah pemahaman tentang peran guru dalam pendidikan kemandirian siswa dan memberikan wawasankepada wali murid PAUD Lu’lu’uzzaman Kutosari Karanganyar Pekalongan yaitu pentingnya pendidikan kemandirian bagi siswa yang dilaksanakan di PAUD Lu’lu’uzzaman.. Selain itu, membantu siswa mandiri agardapat mengatasi pembelajaran di kelas dan membantu wali murid dalam pendidikan mandiri untuk perkembangan siswa di PAUD Lu’lu’uzzaman Kutosari Karanganyar Pekalongan. Pendidikan anak usia dini harus didukung oleh orang tua dan masyarakat untuk membantu dalam pertumbuhan pendidikan anak usia dini
17SK1741027.00 | SK BKI 17.027 MUT p | My Library (Lantai 3 Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain