SKRIPSI PAI
Persepsi Orang Tua Terhadap Pendidikan Anak Usia Dini di Desa Wonoyoso Buaran Pekalongan
ix
ABSTRAK
Subariroh. 2015. Persepsi Orang Tua Terhadap Pendidikan Anak Usia Dini di Desa Wonoyoso Buaran Pekalongan. Skripsi Jurusan/Program Studi Tarbiyah/S1 PAI Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pekalongan. M.Yasin Abidin, M.Pd.
Kata kunci: Persepsi Orang Tua dan Pendidikan Anak Usia Dini
Tujuan pendidikan nasional adalah untuk mewujudkan suatu masyarakat adil makmur yang merata materiel dan spiritual berdasarkan pancasila, yang pada hakikatnya adalah pembangunan seluruh masyarakat Indonesia. Salah satu bagian yang terpenting dalam komponen masyarakat Indonesia adalah pendidikan anak. Pada awal-awal kemerdekaan fokus Pemerintah hanya tertuju pada jenjang pendidikan dasar, menengah, dan tinggi, akan tetapi secara berangsur-angsur perhatian Pemerintah lebih tertuju pada jenjang pendidikan sebelum pendidikan dasar, yaitu Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Meskipun pendidikan anak usia dini merupakan pendidikan yang penting untuk anak, akan tetapi berbeda yang ada di Desa Wonoyoso Buaran Pekalongan. Adanya pendidikan anak usia dini di Desa Wonoyoso Buaran Pekalongan ini banyak melahirkan berbagai persepsi tentang pendidikan anak usia dini itu sendiri. Melihat dari berbagai latar belakang pendidikan dari para orang tua yang kurang mengetahui tentang pendidikan anak usia dini, dan kurangnya kesadaran dari orang tua tentang pentingnya arti pendidikan untuk anak. Sehingga para orang tua ada yang beranggapan bahwa pendidikan anak usia dini itu penting untuk dilaksanakan dan ada yang beranggapan bahwa pendidikan anak usia dini itu tidak penting untuk dilaksanakan.
Adapun rumusan masalah yang dalam skripsi ini adalah bagaimana pelaksanaan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Desa Wonoyoso Buaran Pekalongan dan bagaimana persepsi orang tua terhadap Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Desa Wonoyoso Buaran Pekalongan.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research), sedangkan metode pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan metode analisis data deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Desa Wonoyoso Buaran Pekalongan adalah baik, hal ini dikarenakan banyaknya PAUD yang ada di Desa Wonoyoso mempunyai mutu pendidikan yang sudah bagus. Yaitu dapat dilihat dari para guru yang sudah berkompeten dibidangnya, kurikulum yang digunakan sudah mengacu pada kurikulum yang dibuat oleh pemerintah, yaitu mencakup tentang ilmu agama dan umum, misalnya tentang ilmu agama anak-anak diajarkan tentang membaca do’a sehari-hari, membaca surat-surat pendek, menghafal huruf-huruf hijaiyyah dan menghafal hadits-hadits pendek, sedangkan untuk ilmu umum anak-anak diajarkan tidak hanya tentang nyanyi-nyanyi saja akan tetapi tentang cara menulis, menggambar, mewarnai, berhitung, dan menempel. Begitu juga dengan metode
ix
pembelajaran yang digunakan sudah sesuai dengan materi yang akan disampaikan, media pembelajaran yang digunakan juga disesuaikan dengan materi yang akan disampaikan, serta sarana dan prasarana sudah lengkap sudah sesuai dengan kebutuhan anak-anak di PAUD. Dan persepsi orang tua terhadap Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Desa Wonoyoso Buaran Pekalongan adalah baik, terbukti dari orang tua yang ada di Desa Wonoyoso Buaran Pekalongan beranggapan bahwa PAUD itu penting untuk dilaksanakan, maka dari itu mereka mempunyai minat untuk menyekolahkan anak-anak mereka di Sekolah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Desa Wonoyoso Buaran Pekalongan.
17SK1721032.00 | SK PAI 17.032 SUB p | My Library (Lantai 3 Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain