SKRIPSI PAI
Implementasi Kecerdasan Verbal-Lingustik Dalam Pembelajaran PAI Kelas V Di SDN 02 Poncol Kota Pekalongan
vii
ABSTRAK
Khasanah, Riskul. 2015. IMPLEMENTASI KECERDASAN VERBAL-LINGUSTIK DALAM PEMBELAJARAN PAI KELAS V DI SDN 02 PONCOL KOTA PEKALONGAN. Skripsi Jurusan/Program Studi: Tarbiyah/PAI STAIN Pekalongan, pembimbing: Dr. M. Sugeng Sholehudin, M.Ag
Kata kunci: kecerdasan verbal-linguistik, pembelajaran, PAI
Kecerdasan linguistik adalah kemampuan manusia bercakap-cakap dan berinteraksi dalam bentuk bahasa. Kecerdasan bahasa ini merupakan modal utama bagi manusia dalam menjalani hidup. Pembelajaran PAI itu identik dengan membaca, menulis, bercerita dan menghafal. Misalnya dalam pembelajaran materi tentang idgham bilaghunnah, pada awalnya siswa disuruh membaca ayat kemudian siswa menghafal macam-macam huruf idgham bilaghunnah. Jadi pada dasarnya pembelajaran PAI tidak lepas dari kecerdasan verbal linguistik. Dengan kemampuan berbahasa yang dimiliki memungkinkan manusia berinteraksi, saling mengerti dan mengenal satu sama lain. Dalam pembelajaran ada interaksi antara guru dan siswa. Di SDN 02 Poncol kota Pekalongan merupakan salah saru sekolah berbasis multiple intelegence. penggunaan metode yang bervariasi menjadikan siswa menyukai pembelajaran tersebut.
Berdasarkan latar belakang tersebut rumusan masalah bagaimana implementasi kecerdasan verbal linguistik dalam pembelajaran PAI di SDN 02 Poncol Kota Pekalongan. Untuk mendeskripsikan implementasi kecerdasan verbal linguistik dalam pembelajaran PAI di SDN 02 Poncol Kota Pekalongan. Untuk memberikan kontribusi pemikiran khususnya bagi para guru Pendidikan Agama Islam atau pengelola pendidikan lainnya dalam proses pembelajaran yang disesuaikan dengan kecerdasan masing-masing siswa.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Dalam penelitian ini, penulis juga menggunakan jenis penelitian lapangan (field research). metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: metode observasi, metode wawancara, dan metode dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik data reduction (reduksi data), display data (penyajian data) dan conclusion drawing/verificition.
Dari hasil penelitian bahwa Implementasi kecerdasan verbal-linguistik dalam pembelajaran PAI kelas V di SDN 02 Poncol Kota Pekalongan cukup baik yang dibuktikan dari segi strategi pembelajaran memang sudah baik yang sesuai dengan aspek linguistik yaitu dengan penggunaan metode yang sesuai dengan kecerdasan verbal-lingusitik tersebut seperti metode ceramah, tanya jawab, presentasi dan cerita. Reaksi siswa juga antusias namun dalam pelaksaannya masih kurang baik karena guru belum menguasai dan memahami tentang kecerdasan verbal-linguistik. Adapun penggunaan buku paket sudah cukup baik. Guru memberikan referensi bacaan yang berasal dari sumber buku ajar selain buku paket Agama Islam yang dipergunakan di sekolah. Demikian juga dalam pelaksanaannya masih ada kekurangannya yaitu kurang maksimalnya kreativitas
viii
guru dalam memunculkan inovasi-inovasi baru terkait metode dan strategi pembelajaran. Dari segi penilainnya sudah baik karena sudah mencakup 3 ranah yaitu, kognitif, afektif dan psikomotorik.
17SK1721030.00 | SK PAI 17.030 KHA i | My Library (Lantai 3 Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain