TA PERBANKAN SYARIAH
Analisis Tingkat Kesehatan Koperasi Simpan Pinjam Jasa Layanan Syariah Pekalongan Periode 2013-2014
ABSTRAK
ANALISIS TINGKAT KESEHATAN KOPERASI
SIMPAN PINJAM JASA LAYANAN SYARIAH PEKALONGAN PERIODE 2013 – 2015
Ati’ul Khusna
2012113018
Pentingnya kesehatan lembaga keuangan untuk meningkatkan kepercayaan dalam lembaga keuangan dan untuk melaksanakan prinsip kehati-hatian dalam dunia perbankan, hal ini diharapkan agar selalu dalam kondisi sehat, sehingga tidak akan merugikan masyarakat yang berhubungan dengan lembaga keuangan. Sehingga, jika tingkat kesehatan lembaga keuangan dikatakan baik/sehat, maka tingkat kepercayaan masyarakat di lembaga keuangan akan meningkat.
Berdasarkan latar belakang tersebut, maka rumusan masalah dari penelitian ini adalah Bagaimana analisa tingkat kesehatan dan predikat yang diperoleh Koperasi Simpan Pinjam JASA Layanan Syariah Pekalongan tahun 2013-2015. Jenis penelitian yang digunakan penulis adalah penelitian lapangan (field research). penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yaitu suatu proses yang menggunakan data berupa angka sebagai alat menemukan keterangan mengenai apa yang ingin diketahui. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, interview dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan metode pengukuran tingkat kesehatan yang berpedoman pada Peraturan Deputi Bidang Pengawasan Kementerian Koperasi Dan Usaha Kecil Dan Menengah Republik Indonesia Nomor 06/Per/Dep.6/IV/2016.
Berdasarkan hasil penelitian bahwa tingkat kesehatan Koperasi JASA Layanan Syariah Pekalongan tahun buku 2013-2015 antara lain: (1).Aspek permodalan memperoleh skor rata-rata 6,88. (2).Aspek efisiensi memperoleh skor rata-rata 7,00. (3).Aspek likuiditas memperoleh skor rata-rata 7,50. (4).Aspek kemandirian dan pertumbuhan memperoleh skor rata-rata 4,50. (5).Aspek kualitas aktiva produktif memperoleh skor rata-rata 18,45. (6).Aspek manajemen memperoleh skor rata-rata 13,80. (7).Aspek jati diri koperasi memperoleh skor rata-rata 10,00. (8).Aspek kepatuhan prinsip syariah memperoleh skor rata-rata 9,00. Sehingga, tingkat kesehatan Kospin JASA Layanan Syariah Pekalongan tahun 2013 memperoleh skor 73,83; tahun 2014 memperoleh skor 79,09; dan tahun 2015 memperoleh skor 78,49. Maka tingkat kesehatan Kospin JASA Layanan Syariah Pekalongan tahun buku 2013-2015 memperoleh predikat “cukup sehat” dengan rata-rata skor 77,14.
Kata Kunci: Tingkat Kesehatan Koperasi, Aspek, Skor.
17TA1712101.00 | TA D-3PBS 17.101 KHU a | My Library (Lantai 3,,Tugas Akhir) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain