TA PERBANKAN SYARIAH
Strategi Peningkatan Jumlah Nasabah Pada Produk Simpanan Qurban (SISUQUR) Di KJKS BMT An Najah Wiradesa Kabupaten Pekalongan
Simpanan qurban (SIsuqur) merupakan simpanan pribadi yang penyetorannya setiap bulan atau setiap minggu sesuai perjanjian dengan nominal tertentu yang secara akumulatif bisa digunakan untuk membeli hewan qurban baik secara tunai atau dalam bentuk hewan qurban. Simpanan Qurban (Sisuqur) termasuk ke dalam simpanan yang berorientasi sosial. Artinya, yang merasakan manfaat secara langsungdari produk tersebut adalah orang lain (penerima qurban), sedangkan bagi orang yang berqurban lebih kepada manfaat secara batiniah, yaitu sebagai wujud ketaatan kepada perintah Allah. Salah satu prinsip ekonomi yang merupakan keputusan individu dalam melakukan kegiatan ekonomi adalah orang rasional yang berfikir pada suatu margin (keuntungan). Akan tetapi, BMT An Najah Wiradesa Kabupaten Pekalongan mampu meningkatkan jumlah nasabah sisuqur tiap tahunnya. Meskipun secara rasional produk sisuqur tidak menghasilkan margin (keuntungan nyata bagi nasabah). Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu membahas tentang strategi. Kegunaan dalam penelitian ini ada dua, yaitu manfaat teoritis dan manfaat praktis. Hasil penelitian KJKS BMT An Najah Wiradesa Kabupaten Pekalongan dalam melakukan strateginya meningkatkan jumlah nasabah produk sisuqur yaitu menggunakan bauran pemasaran 7P+1 C, yaitu product, price, place, promotion, people, physical evidence, process, customer service. Selain bauran pemasaran jasa tersebut, nasabah simpanan qurban (Sisuqur) di KJKS BMT An Najah Wiradesa Kabupaten Pekalongan hingga mencapai fase peningkatan pada tahun 2015, menggunakan pelayanan jemput bola yang menimbulkan kepuasan nasabah serta strategi word to mouth hal tersebut, juga efektif dalam pencapaian peningkatan jumlah nasabah KJKS BMT An Najah Wiradesa Kabupaten Pekalongan.
17TA1712095.00 | TA D-3PBS 17.095 FIT s | My Library (Lantai 3,,Tugas Akhir) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain