TA PERBANKAN SYARIAH
Analisis Segmentasi Pasar Dalam Strategi Pemasaran Pada Produk Pembiayaan Murabahah Emas iB Hasanah Di BNI Syariah Cabang Pekalongan
PT. Bank BNI Syariah menargetkan pembiayaan kepemilikan emas dengan akad murabahah sebesar Rp. 300 miliar sepanjang tahun 2013. Beliau mengatakan bahwa emas masih menjadi instrumen investasi menarik, terlihat dari besarnya permintaan di pasar. Bahkan beliau mengatakan bahwa BNI Syariah baru membiayai murabahah emas pada tahun ini, tapi diperkirakan realisasinya bisa mencapai Rp. 400 miliar - Rp. 500 miliar. Produk pembiayaan emas murabahah tersebut minimal waktu pembiayaan 2 tahun dengan plafon pinjaman maksimal Rp.150 juta. Beberapa bank telah mempunyai produk serupa dengan produk yang dimiliki oleh BNI Syariah. Produk sejenis yang ditawarkan oleh berbagai bank syariah mempunyai kekurangan dan kelebihan masing-masing. Begitupun dengan produk pembiayaan Murabahah Emas iB Hasanah yang dipunyai oleh BNI Syariah. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa segmentasi pasar pada produk pembiayaan murabahah emas iB Hasanah yang dilakukan oleh BNI Syariah Cabang Pekalongan berstatus sebagai pegawai aktif / profesional / pengusaha. Pemohon minimal berusia 21 tahun pada saat pembiayaan lunas berusia maksimum 55 tahun untuk pegawai (usia pensiun) dan 60 tahun untuk kalangan (profesional dan pengusaha). Prosedur dan penerapan akad pada produk pembiayaan murabahah emas iB Hasanah anatara lain : Mempunyai penghasilan tetap dan kemampuan mengangsur, mengajukan permohonan melalui pengisian formulir permohonan pembiayaan konsumtif serta wawancara langsung, sedangkan dokumen yang dibutuhkan adalah formulir permohonan pembiayaan, fotokopi KTP, fotokopi NPWP (untuk permohonan Rp.50.000.000., ke atas), fotokopi kartu identitas pegawai (untuk pegawai).
17TA1712073.00 | TA D-3PBS 17.073 LIA a | My Library (Lantai 3,,Tugas Akhir) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain