TA PERBANKAN SYARIAH
Minat Nasabah Terhadap Produk Tabungan Idul Fitri (TADURI) Dengan Akad Wadiah Yadhamanah Di BMT El-Nusama 335 Kedungwuni Pekalongan
Kata kunci: Minat Nasabah, Faktor-faktor Minat Nasabah.
Minat Nasabah adalah Sumber motivasi yang mendorong seseorang untuk melakukan apa yang ingin dilakukan ketika bebas memilih. Ketika seseorang menilai bahwa sesuatu akan bermanfaat, maka akan menjadi berminat, kemudian hal tersebut akan mendatangkan kepuasan. Dalam hal ini Nasabah bebas melakukan pemilihan produk sesuai yang diinginkan.
Berdasarkan latar belakang tersebut, maka rumusan masalah dari penelitian ini adalah Faktor- faktor yang mempengaruhi minat nasabah terhadap produk idul fitri (Taduri) dengan akad wadiah yadhamanah di BMT EL-Nusama 335 Kedungwuni. Tujuan penelitian ini adalah untuk Untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengarui minat nasabah terhadap produk Taduri di BMT EL-Nusama 335 Kedungwuni.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, artinya suatu pendekatan dalam melakukan penelitian yang berorientasi pada fenomena atau gejala yang bersifat alami, sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian studi lapangan (field research). Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan data sekunder. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu interview, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif deskriptif.
Jadi, faktor-faktor yang mempengaruhi nasabah dalam memilih produk idul fitri diantaranaya adalah faktor kebutuhan, faktor produk, dan faktor pelayanan. Faktor kebutuhan dimana nasabah lebih memilih produk idul fitri untuk mempersiapkan kebutuhan menjelang hari raya idul fitri, faktor Produk taduri yang sangat murah dan terjangkau membuat nasabah tertarik untuk menjadi nasabah taduri, serta karena keuntungan dari produk taduri berupa bingkisan/souvenir menjadi daya tarik tersendiri bagi nasabah, faktor pelayanan, Nasabah taduri menyukai pelayanan pihak BMT karena adanya pealayanan jemput bola serta pelayanan yang ramah serta sopan dari karyawan BMT sehingga nasabah merasa senang akan pelayanan yang diberikan pihak BMT.
17TA1712072.00 | TA D-3PBS 17.072 YUN m | My Library (Lantai 3,,Tugas Akhir) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain