TA PERBANKAN SYARIAH
Penerapan Corporate Social Responsibility (CSR) Di UJKS BMT Mitra Umat Pekalongan
Eksistensi lembaga keuangan tidak hanya dilihat oleh peforma peningkatan keuntungan saja akan tetapi juga performa keperduian sosial perusahaan (social responsibility). Selain itu peran manfaat keperdulian sosial adalah memecahkan presepsi negatif masyarakat umum, serta membentuk opini publik yang baik sebagai investasi jangka panjang perusahaan.
Corporate SocialResponsibilityadalah suatutindakanatau konsep yangdi-lakukanolehlembagakeuangansyariah(sesuaikemampuan)sebagai tanggung jawabmerekaterhadaplingkungan sosialsekitar dimana lembaga tersebut berada.
Permasalahan yang penulis kaji dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan program CSR diUJKS BMT Mitra Umat Pekalongan.
Jenispenelitian yang digunakanuntukmenyusunTugasAkhiriniadalahpenelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif dalam hal ini yang dijadikan sebagai tempat penelitian yaitu UJKS BMT Mitra Umat Pekalongan. Data yang diperoleh adalah data primer berupa hasil wawancara dan observasi, data sekunder berupa dokumentasi, kemudian teknik analisis data yang digunkan berupa metode analisis deskriptif.
Hasil penelitian ini, menunjukan bahwa penerapan CSR pada UJKS BMT Mitra Umat Pekalongan dalam penggalian dananya yaitu berasal dari dua sumber, pertama berasal dari dana sosial BMT Mitra Umat kedua berasal dari pengimpunan dan pendayagunaan zakat, infak, shodaqoh (ZIS) yang nantinya akan dialokasikan untuk program sosial, program kemanusiaan dan program keagamaan.
17TA1712056.00 | TA D-3PBS 17.056 YUL p | My Library (Lantai 3,,Tugas Akhir) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain