SKRIPSI PAI
Peran Pendidikan Keluarga Dalam Membina Kecerdasan Spiritual Anak Di Dukuh Kepuh Proyonanggan Selatan Batang
vii
ABSTRAK
Septyorini, Lisa, 2015. PERAN PENDIDIKAN KELUARGA DALAM MEMBINA KECERDASAN SPIRITUAL ANAK DI DUKUH KEPUH PROYONANGGAN SELATAN BATANG. Skripsi Jurusan Tarbiyah Prodi Pendidikan Agama Islam Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri ( STAIN ) Pekalongan. Pembimbing Dr. Slamet Untung M. Ag
Kata Kunci : Pendidikan Keluarga, Kecerdasan Spiritual
Skripsi ini berjudul Peran Pendidikan Keluarga di Dukuh Kepuh Proyonanggan Selatan Batang, penelitian ini dilatarbelakangi oleh anak-anak yang suka mengaji, sholat berjamaah di masjid, ikut berjanjen bagi anak perempuan setiap malam minggu, dan bagi anak laki-laki ikut tahlilan rutin setiap malam jum’at, serta anak-anak yang patuh dan mengikuti apa yang diperintahkan oleh orang tuanya. Dengan melihat latar belakang seperti itu sehingga peneliti tertarik mengambil judul “Peran Pendidikan Keluarga dalam Membina Kecerdasan Spiritual Anak di Dukuh Kepuh Proyonanggan Batang” karena pendidikan keluarga adalah salah satu faktor dalam mengembangkan kecerdasan spiritual anak.
Berdasarkan latar belakang tersebut, maka rumusan masalahnya adalah (a) Bagaimana peran pendidikan keluarga dalam membina kecerdasan spiritual anak di Dukuh Kepuh Proyonanggan Selatan Batang?. (b) Faktor apa saja yang mendukung dan menghambat dalam membina kecerdasan spiritual anak di Dukuh Kepuh Proyonanggan Selatan Batang?.
Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian Kualitatif, karena data kualitatif menyediakan kedalaman dan kerincian melalui pengutipan secara langsung dan deskripsi yang teliti tentang situasi program, kejadian, interaksi, dan perilaku yang teramati secara mendalam dan rinci. Penelitian yang digunakan yaitu terjun langsung ke masyarakat, sehingga jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan ( field research). Teknik pengumpulan datanya menggunakan metode interview, observasi, dan dokumentasi. Jenis analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kualitatif.
Hasil dari penelitian ini peran pendidikan keluarga dalam membina kecerdasan spiritual anaknya lebih dominan untuk membiasakan mengajak anak beribadah sejak usia dini, dan cara mendidiknya pun dengan memberikan contoh-contoh yang baik, selalu mengingatkan dan menasehati anak-anaknya, mengajarkan untuk berfikir positif, dan memberikan sistem kedisiplinan supaya anak terbiasa dengan apa yang dilakukan oleh kedua orang tuanya. Faktor-faktor yang mendukung dalam membina kecerdasan spiritual yaitu SDM (Sumber Daya Manusia) dan pola asuh. Faktor-faktor yang menghambat dalam membina kecerdasan spiritual anak yaitu lingkungan masyarakat, banyaknya teman sebayanya, dan pengawasan orang tua yang kurang.
17SK1721029.00 | SK PAI 17.029 SEP p | My Library (Lantai 3 Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain