SKRIPSI PAI
Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Kelas II Mata Pelajaran Fikih Materi Shalat Berjamaah dengan Metode Numbered Head Together (NHT) di MIS Rembun Siwalan Pekalongan Tahun Pelajaran 2014/2015
vii
A B S T R A K
Izunnuha 2015. Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Kelas II Mata Pelajaran Fikih Materi Shalat Berjamaah dengan Metode Numbered Head Together (NHT) di MIS Rembun Siwalan Pekalongan Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurusan/Program Studi: Tarbiyah/S1 PAI Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pekalongan. Pembimbing : Miftahul Ula,M.Ag
Kata kunci : Prestasi Belajar dengan Numbered Head Together (NHT)
Penerapan metode pembelajaran yang tepat sangat berpotensi meningkatkan prestasi siswa, oleh karena itu guru dituntut supaya dapat memilih metode pembelajaran yang sesuai dengan perubahan iklim pendidikan. Salah satu metode yang dapat dipilih adalah metode numbered head together (NHT) karena metode ini melatih siswa untuk aktif dalam pembelajaran sehingga diharapkan dikemudian hari dapat menyelesaikan masalah yang dihadapinya secara baik, dapat bekerja sama, mandiri serta menghilangkan rasa minder dalam dirinya.
Rumusan masalah yang dikaji dalam skripsi ini adalah apakah metode Numbered Head Together dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas II mata pelajaran Fikih materi shalat berjamaah di MIS Rembun Siwalan Pekalongan Tahun Pelajaran 2014/2015?. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas II pada pelajaran Fikih materi shalat berjamaah melalui metode Numbered Head Together. Sedangkan kegunaannya adalah untuk memberikan wawasan keilmuan bagi guru di MIS Rembun Siwalan Pekalongan dalam mendidik siswanya agar memiliki prestasi belajar yang baik.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data pada penelitian ini meliputi observasi, angket dan dokumentasi. Adapun dalam menganalisis data peneliti menggunakan rumus regresi liniear sederhana.
Berdasarkan pengamatan, prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Fikih materi shalat berjamaah sebelum menggunakan metode numbered head together mempunyai rata-rata kelas 52,43. Pada siklus I rata- ratanya sebesar 65,29 atau meningkat sebesar 12,86. Sedangkan pada siklus II rata-ratanya sebesar 82,86 atau meningkat sebesar 17,57 dari siklus I. Ketuntasan belajar setelah dilakukan pembelajaran pada siklus II mencapai 100% dengan nilai terendah 70 sesuai dengan KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal).
17SK1721024.00 | SK PAI 17.024 IZU u | My Library (Skripsi Lantai 3) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain