SKRIPSI IAT
Internalisasi Makna Hadis Tentang Menuntut Ilmu Dalam Seni Kaligrafi (Studi Living Hadis di MTs Salafiyah Wonoyoso Kecamatan Buaran Kabupaten Pekalongan)
Kata kunci: Internalisasi, Makna Hadis Tentang Menuntut Ilmu, Seni Kaligrafi.
Penelitian ini akan menjelaskan salah satu kegiatan ekstra kulrikuler yang ada di MTs Salafiyah Wonoyoso adalah membuat kaligrafi yang berisi hadis-hadis tentang menuntut ilmu, kegiatan ini bertujuan agar siswa-siswi mengetahui makna dari hadis-hadis tersebut, serta dapat diinternalisasi oleh seluruh siswa-siswi MTs Salafiyah Wonoyoso. penelitian ini untuk mengetahui Hadis-hadis tentang menuntut ilmu apa saja dalam seni kaligrafi di MTs Salafiyah Wonoyoso, Apa makna hadis tentang menuntut ilmu dalam seni kaligrafi di MTs Salfiyah Wonoyoso, Bagaimana pelaksanaan Living Hadis melalui proses internalisasi makna hadis tentang menuntut ilmu dalam seni kaligrafi di MTs Salafiyah Wonoyoso. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan pemahaman terhadap lingkungan sekolah akan makna dari hadis-hadis tentang menuntut ilmu yang dalam hal ini di MTs Salfiyah Wonoyoso memasang kaligrafi tersebut seperti di dalam kelas, ruang guru dan perpustakaan.
Jenis penelitian ini adalah field research menggunakan tehnik penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Informan utama penelitian ini adalah kepala sekolah dan para guru lainnya. tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun Data yang telah terkumpul dianalisis menggunakan tehnik analisis dengan beberapa tahap Pertama reduksi data, Kedua penyajian data, dan Ketiga penarikan kesimpulan atau verifikasi.
Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hadis yang dijadikan kaligrafi di MTs Salafiyah Wonoyoso terdiri dari hadis Keutamaan Membaca al-Qur’an, Hadis Berhasilnya Ilmu dengan belajar dan yang terakhir yaitu Hadis tuntutlah Ilmu sampai kenegeri cina. Hadis tersebut memiliki makna: menumbuhkan semangat anak dalam mengamalkan hadis, menumbuhkan rasa cinta terhadap hadis untuk selalu mengingat dan menghafalnya, senantiasa mengikuti sunah-sunah Rasul terutama pada hadis-hadis yang tertuang dalam teks-teks kaligrafi dandapat mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari, selalu teringat agar tidak menyimpang dari nilai-nilai yang terkandung dalam hadis. Internalisasi makna hadis tersebut melalui Empat proses Pertama tulisan berupa seni kaligrafi, Kedua penjelasan dari guru, Ketiga dipampang di lingkungan sekolah, kemudian Keempat hafal karena sering melihat dan membaca.
17SK1731008.00 | SK IAT 17.008 KHO i | My Library (Lantai 3 Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain