SKRIPSI IAT
Mushaf Al-Qur'an Al-Quddus Dan KEMENAG Dalam Prespektif Rasm Usmani (Studi terhadap surat Al-Fatihah dan Al-Baqarah)
Al-Qur’a>n diturunkan ke bumi ini untuk menjadi petunjuk dan pembimbing bagi manusia, dengan kedudukannya tersebut, maka pemahaman terhadap metode cara tulisan al-Qur’a>n merupakan sebuah tuntutan bagi umat Islam. Dalam rangka menjaga keotentikan al-Qur’a>n dari perubahan yang bisa mengakibatkan kemungkinan adanya penyelewengan dalam al-Qur’an, misalnya dengan mengganti sebagian huruf, menambah atau menguranginya, sehingga terjadi perbedaan di antara mushaf, Departemen Agama membentuk lembaga khusus bersama Lajnah Pentashih al-Qur’a>n terjaga dari segala kekeliruan dan kesalahan, baik sengaja ataupun tidak disengaja. Disinilah peneliti tertarik untuk mengkaji dan meneliti hal-hal yang berkaitan dengan tulisan al-Qur’a>n mengingat ada beberapa model cetakan al-Qur’a>n di Indonesia dan semuanya mengaku sebagai Mus{h}af bi rasm Us|ma>ni< dengan bukti setip cover depannya terdapat tulisan tersebut ( birasm ‘Uṡ|ma>ni), diantaranya Mus}h}af al-Qur’an al-Quddu>s yang di keluarkan oleh Ma’had tahfidh yanbu’ul Qur’an Qudus penerbit CV. Mubarokatan Thoyyibah dicetak oleh PT. Buya Barokah dan Kementerian Agama Ri Th 2011 dicetakan oleh PT. Adhi Aksara Abadi Indonesia. Oleh karna itu berangkat dari latar belakang tersebut, penyusun ingin mencoba menelusuri lebih lanjut tentang al-Qur’an cetakan Indonesia dari segi tulisannya.
Penelitian ini didasarkan pada tiga rumusan masalah yaitu:
1. Bagaimana kaidah penulisan al-Qur’a>n Berdasarkan Rasm Uṡma>ni>?
2. Bagaimana Perbedaan Mushaf al-qur’an al-Quddus dan Kemenag dipandang dari kaidah imla>’ (penulisan) Rasm Uṡma>ni>?
3. Bagaimana Kelebihan dan kekurangan Mus}h}af al-qur’an al-Quddus dan Mus}h}af al-Qur’an terbitan Kemenag?
Penelitian ini termasuk dalam penelitian non-empirik yang menggunakan jenis penelitian dengan metode library research (penelitian kepustakaan) serta kajiannya disajikan secara deskriptif analitis.
Setelah melakukan penelitian ini penulis berkesimpulan:
1. Rasm al-Qur’a>n merupakan salah satu bagian disiplin ilmu al-Qur’a>n yang mana di dalamnya mempelajari tentang penulisan mushaf al-Qur’>an yang dilakukan dengan cara khusus, baik dalam penulisan kalimat-kalimatnya maupun bentuk-bentuk huruf yang digunakan.
2. Perbedaan penulisan al-Qur’a>n dalam Mus}h}af al-qur’an al-Quddus dan Kemenag karena adanya perbedaan riwayat penulisan dalam kitab-kitab standar penulisan al-Qur’a>n sehingga ada perbedaan antara mushaf al-Quddus dan Kemenag seperti dalam kalimat s{ira>t{, Ha>rut, Ma>rut penulisannya menggunakan huruf alif, sementara dalam mushaf Qudus tanpa alif. Perbedaan penulisan al-Qur’a>n dalam mushaf al-Quddus dan Kemenag berdasarkan ilmu ulama. Masing-masing ulama mempunyai pandangan tersendiri dan tetap dalam koridor keilmuan rasm dan disertai rujukannya.
3. Mushaf Quddus dan Kemenag mengacu dan sesuai pada dasar-dasar pondasi pola penulisan al-Qur’a>n dengan rasm ‘Us|ma>ni dipandang dari prespektif enam (6) kaidah dasar keilmuan rasm ‘Us|ma>ni yang
xi
kesemuanya masih diikuti secara konsisten. Mus}h}af al-qur’an al-Quddus
lebih konsisten dalam menerapkan tanda baca dan penulisan hamzah.
Penulisan al-Qur’a>n Kemenag juga mengacu pada kaidah rasm ‘Us|ma>ni,
kecuali pada beberapa penulisan tertentu dan tanda baca yang dipandang
menyulitkan pembacaannya, maka disesuaikan agar lebih memudahkan.
Perbedaan ini manfaatnya bias diambil semua pihak seperti halnya
muslim tanah air Indonesia yang terbiasa dengan mushaf standar
Kemenag.
17SK1731007.00 | SK IAT 17.007 HAL m | My Library (Lantai 3 Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain