SKRIPSI PAI
"Nilai-Nilai Pendidikan Humanis Dalam Novel Totto-Chan Gadis Cilik Di Jendela Karya Tetsuko Kuroyanagi"
viii
ABSTRAK
Sulistiani, Lilis. 2015. “Nilai-Nilai Pendidikan Humanis Dalam Novel
Totto-Chan Gadis Cilik Di Jendela Karya Tetsuko Kuroyanagi”. Skripsi Jurusan
Tarbiyah STAIN Pekalongan. Pembimbing Umum Budi Karyanto, M.Hum.
Dewasa ini masalah yang mendasar dalam dunia pendidikan nasional
adalah dehumanisasi. Dikatakan demikian karena pendidikan telah mengalami
proses kemunduran dengan terkikisnya nilai-nilai kemanusiaan (humanisasi) dan
demokrasi yang dikandungnya. Hal ini ditandai dengan munculnya berbagai
macam kasus kekerasan yang merebak dalam dunia pendidikan, kasus pelecehan
sosial terhadap peserta didik, praktek korupsi yang dilakukan oleh beberapa
oknum penguasa adalah potret buram dari rendahnya potret pendidikan. Di era
global ini, aktualisasi dan implementasi humanisme dalam pendidikan dan
khususnya pendidikan islam merupakan tuntutan bahkan suatu keharusan.
Aktualisasi merupakan sebuah upaya perwujudan dari proses pengejawantahan
diri dalam dunia pendidikan islam. Dengan mengaktualkan sisi-sisi kemanusiaan
diharapkan menjadi real dalam dunia pendidikan islam untuk kebutuhan hidup
seseorang dan masa yang akan datang. Novel Totto-chan Gadis Cilik di Jendela
Karya Tetsuko Kuroyanagi banyak mengandung nilai-nilai pendidikan yang tepat
dalam mendidik anak. Dengan memperhatikan metode pembelajaran yang
diterapkan kepala sekolah Kobayashi untuk mencapai tujuan pendidikan yang
optimal
Atas dasar pemikiran di atas, maka rumusan masalah dalam skipsi ini
adalah yaitu “Apa saja nilai-nilai pendidikan humanis dalam novel Totto-chan
Gadis Cilik di Jendela Karya Tetsuko Kuroyanagi?”. Tujuan dari penulisan skripsi
ini adalah memaparkan lebih jauh nilai-nilai pendidikan humanis dalam novel
Totto-chan Gadis Cilik di Jendela karya Tetsuko Kuroyanagi. Adapun kegunaan
penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam pembelajaran
humanistik dan penerapannya dalam mewarnai metode pembelajaran di kelas
serta dapat memberikan gambaran dan masukan kepada pendidik dalam
melaksanakan proses pembelajaran dan menjadi pertimbangan mereka terhadap
metode pembelajaran.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan
kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pustaka atau library
research. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode simak.
Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis isi (content analisis).
Hasil penelitiannya dapat disimpulkan bahwa nilai-nilai pendidikan
humanis yang terdapat di dalam Novel Totto-chan ada empat, yaitu:
membebaskan, memanusiakan, demokratis, dan dialogis.
17SK1721014.00 | SK PAI 17.014 SUL n | My Library (Lantai 3 Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain