SKRIPSI PAI
Nilai - Nilai Pendidikan Islam Dalam Novel Hanif Dzikir Dan Pikir Karya Reza Nufa
viii
ABSTRAK
Riskiyah. 2015. NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM NOVEL HANIF DZIKIR DAN PIKIR KARYA REZA NUFA. Skripsi Jurusan Tarbiyah Program Studi Pendidikan Agama Islam Negeri (STAIN) Pekalongan. Drs. H. Ismail, M.Pd. Ahmad Afroni, M.Pd.
Kata Kunci: Nilai, Pendidikan Islam, Novel Hanif Dzikir dan Pikir
Di era kemajuan saat ini, media dapat menyalurkan pesan yang sangat bermanfaat bagi masyarakat, baik itu media elektronik maupun media cetak. Media cetak termasuk salah satunya yaitu karya sastra yang berupa novel memiliki peranan penting bagi masyarakat, karena novel tidak hanya sebagai wacana semata, akan tetapi novel juga memiliki makna dan memiliki nilai atau pesan moral bagi pembacanya supaya pesan moral itu dapat diaplikasikan oleh pembacanya. Salah satunya yaitu novel Hanif Dzikir dan Pikir karya Reza Nufa yang mengandung pesan kehidupan bagi masyarakat.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana gambaran umum novel Hanif Dzikir dan Pikir Karya Reza Nufa? Dan bagaimana nilai-nilai pendidikan Islam dalam novel Hanif Dzikir dan Pikir Karya Reza Nufa? Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran umum novel Hanif Dzikir dan Pikir Karya Reza Nufa dan juga untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan Islam yang terdapat dalam novel Hanif Dzikir dan Pikir Karya Reza Nufa. Kegunaan penelitian ini untuk menambah wawasan serta pengetahuan dalam melaksanakan pendidikan Islam sertadapat menambah khasanah dunia penelitian sastra, terutama penelitian yang berkenaan dengan Pendidikan Islam.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini yaitu penelitian pustaka (Library research), sumber data dalam penelitian ini adalah sumber primer yaitunovel Hanif Dzikir dan Pikir karya Reza Nufa dan juga sumber sekunder yaituseperti majalah, artikel, dan sumber-sumber lain yang masih berkaitan dengan topik penelitian ini. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode studi pustaka. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode Content Analisis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai pendidikan Islam dalam novel ini meliputi nilai pendidikan keimanan atau akidah yaitu iman kepada kitab-kitab Allah SWT dan iman kepada qadha dan qadar Allah SWT, nilai pendidikan ibadah atau syari’ah yaitu sholat, puasa, zakat, berdzikir, tolong-menolong, shodaqah, dan berdoa kepada Allah SWT, nilai pendidikan kesusilaan atau akhlak yaitu akhlak terhadap Allah SWT yang meliputi: ikhtiar, husnudhan kepada Allah SWT, ikhlas, bersyukur kepada Allah SWT. Akhlak terhadap sesama manusia yang meliputi: kasih sayang orang tua kepada anak, mencintai kedua orang tua, sopan-santun, jujur, toleransi / tasamuh, meminta maaf dan memaafkan orang lain, memberi dan menjawab salam dan memuliakan tamu. Akhlak terhadap lingkunganyaitu memelihara lingkungan hidup dan sayang kepada sesama makhluk.
17SK1721012.00 | SK PAI 17.012 RIS n | My Library (Lantai 3 Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain