SKRIPSI PAI
"Peningkatan Kemampuan Membaca Al - Qur'an Melalui Metode Drill pada Siswa Kelas X MIPA SMA Hasyim Asy’ari Pemalang"
vii
A B S T R A K
Muh. Afifudin. Peningkatan Kemampuan Membaca Al - Qur'an Melalui
Metode Drill pada Siswa Kelas X MIPA SMA Hasyim Asy’ari Pemalang. Jurusan
/ Program Studi : Tarbiyah / S1PAI Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN)
Pekalongan. Pembimbing : Hj. Nur Khasanah, M.Ag
Kata kunci : membaca al - Qur'an, metode drill
Kemampuan siswa SMA Hasyim Asy’ari Pemalang dalam membaca al -
Qur'an kurang memuaskan. Salah satu penyebabnya adalah kurang tepatnya
metode dalam pembelajaran yang digunakan guru. Untuk mengatasi masalah
tersebut perlu digunakan metode yang dapat meningkatkan keterampilan
membaca al - Qur'an. Metode yang dapat digunakan yaitu metode drill.
Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu Bagaimana kemampuan
membaca Al-Qur'an siswa kelas X MIPA SMA Hasyim Asy’ari Pemalang,
Bagaimana pelaksanaan pembelajaran dengan Metode Drill di SMA Hasyim
Asy’ari Pemalang, dan Apakah Metode Drill dapat meningkatkan kemampuan
siswa kelasa X MIPA SMA Hasyim Asy’ari Pemalang dalam membaca Al-
Qur'an? Tujuan penelitian adalah Untuk mendeskripsikan kemampuan membaca
Al-Qur'an siswa kelas X MIPA SMA Hasyim Asy’ari Pemalang, Untuk
mendeskripsikan pelaksanaan metode drill di SMA Hasyim Asy’ari Pemalang,
dan Untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an siswa kelas X MIPA
SMA Hasyim Asy’ari Pemalang melalui metode drill.
Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas, subjek
penelitiannya adalah keterampilan membaca al - Qur'an pada siswa Kelas X
MIPA SMA Hasyim Asy’ari Pemalang. Penelitian ini terdiri dari tiga siklus, tiap
siklus meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data yang ada
dalam penelitian ini diperoleh dengan instrument tes dan non tes. Instrument tes
menggunakan tes membaca al - Qur'an, sedangkan instrument non tes
menggunakan lembar observasi dan interview. Analisis data tes dengan kuantitatif
dan non tes dengan kualitatif.
Berdasarkan penelitian diperoleh hasil sebagai berikut, sebelum dilakukan
tindakan, nilai rata - rata kelas pada membaca al - Qur'an sebesar 64,35, pada
siklus I sebesar 68,35, pada siklus II sebesar 74,72, dan pada siklus III sebesar
82,12. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan dari sebelum tindakan ke siklus I
sebesar 4,85% dengan tingkat ketuntasan 40%. Dari siklus I ke siklus II sebesar
6,37% dengan tingkat ketuntasan 70%. Sedangkan dari siklus II ke siklus III
sebesar 7,40% dengan tingkat ketuntasan 90%. Dengan demikian metode drill
dapat meningkatkan keterampilan membaca al - Qur'an. Oleh karena itu, peneliti
menyarankan agar dalam pembelajaran menggunakan metode drill.
17SK1721006.00 | SK PAI 17.006 AFI p | My Library (Lantai 3 Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain