SKRIPSI PAI
Penerapan Pembelajaran Tematik Dalam Mengembangkan Kreatifitas Peserta Didik MI Salafiyah Sengon Subah Batang
vii
A B S T R A K Minarsih. 2015. Penerapan Pembelajaran Tematik Dalam Mengembangkan Kreatifitas Peserta Didik MI Salafiyah Sengon Subah Batang. Jurusan/Program Studi: Tarbiyah/S1 PAI Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pekalongan. Pembimbing: Drs. Moh. Muslih, M.Pd. Ph.D Kata kunci : Pembelajaran Tematik, Kreatifitas Peserta Didik Pembelajaran Tematik merupakan pembelajaran bermakna bagi peserta didik. Pembelajaran tematik lebih menekankan pada penerapan konsep belajar sambil melakukan sesuatu. Oleh karena itu, guru harus merancang pengalaman belajar yang akan mempengaruhi kebermaknaan belajar peserta didik. Pengalaman belajar menunjukkan kaitan unsur-unsur konseptual yang menjadikan proses pembelajaran lebih efektif. Pembelajaran tematik membantu siswa dalam memahami dan menerapkan sebagian mapel yang memiliki kesamaan dalam suatu tema sehingga menjadikan suasana pembelajaran tersebut lebih menyenangkan. Rumusan masalah yang dikaji dalam skripsi ini adalah Bagaimana penerapan pembelajaran tematik dalam mengembangkan kreatifitas peserta didik MI Salafiyah Sengon Subah Batang? Bagaimana kreatifitas peserta didik MI Salafiyah Sengon Subah Batang? Faktor apa saja yang menghambat dan mendukung penerapan pembelajaran tematik dalam mengembangkan kreatifitas peserta didik MI Salafiyah Sengon Subah Batang?. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan pembelajaran tematik dalam mengembangkan kreatifitas peserta didik MI Salafiyah Sengon Subah Batang, untuk mengetahui kreatifitas peserta didik MI Salafiyah Sengon Subah Batang, untuk mengetahui faktor yang menghambat dan mendukung penerapan pembelajaran tematik dalam mengembangkan kreatifitas peserta didik MI Salafiyah Sengon Subah Batang. Kegunaannya diharapkan dapat memperkaya khasanah pemikiran tentang pembelajaran tematik terhadap pengembangan kreatifitas peserta didik. Jenis penelitian ini adalah studi lapangan (field research). Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Sedangkan metode pengumpulan data dalam penelitian ini observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang peneliti gunakan adalah metode deskriptif analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, Penerapan pembelajaran tematik bagi peserta didik di MI Salafiyah Sengon Subah Batang sudah sesuai dengan landasan teori tentang pembelajaran tematik. Pelaksanaan pembelajaran tematik bagi peserta didik di MI Salafiyah Sengon Subah Batang dilakukan pada lima mata pelajaran yakni PKn, IPS, Bahasa Indonesia, Matematika, dan IPA dengan alokasi waktu 1 minggu atau setara dengan 6 x 35 menit. Kedua, Kreatifitas peserta didik di MI Salafiyah Sengon Subah Batang meliputi: lebih bebas untuk berkreasi dan bereksplorasi, lebih mandiri, lebih berani mengambil keputusan, lebih berani, dan lebih bersemangat dalam belajar. Ketiga, Faktor yang menghambat penerapan pembelajaran tematik dalam mengembangkan kreatifitas peserta didik MI Salafiyah Sengon, antara lain: anak yang malas dan lebih memilih untuk bercanda, tingkat kecerdasan anak yang berbeda-beda, sikap malu pada anak didik. Sedangkan faktor yang mendukung, antara lain: guru yang profesional dan terlatih, kemauan peserta didik untuk belajar dengan menggunakan pembelajaran tematik, dukungan, bantuan dan masukan dari orang tua, tersedianya sarana dan prasarana yang mencukupi.
17SK1721004.00 | SK PAI 17.004 MIN p | My Library (Lantai 3 Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain