SKRIPSI PAI
"Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membangun Kaarakter Siswa MTs Nurussalam Tersono Kabupaten Batang"
vii
ABSTRAK
Fahmi, Faisal. 2015 Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam
Membangun Kaarakter Siswa MTs Nurussalam Tersono Kabupaten
Batang, Skripsi, sarjana tarbiyah pendidikan agama islam, pembimbing :
H. Salafudin, M.S.I Kata Kunci : Peran Guru Pendidikan Agama Islam,
Membangun Karakter.
Pembentukan karakter pada hakikatnya memerlukan waktu yang
panjang serta tidak dapat dilakukan dengan satu atau dua kegiatan saja,
kemudian peran guru pendidikan agama Islam tidak serta merta menjadi
penentu keberhasilan dalam pendidikan karakter tersebut. Oleh karena itu
pembentukan karakter memerlukan strategi yang tepat serta dapat
bersinergi dengan kegiatan-kegiatan didalam maupun diluar pembelajaran
agama Islam.
Berdasarkan uraian diatas, maka penulis mengemukakan rumusan
masalah sebagai berikut: bagaimana strategi guru pendidikan agama Islam
dalam membangun karakter siswa MTs Nurussalam Tersono?, Bagaimana
implementasi peran guru pendidikan agama Islam dalam membangun
karakter siswa MTs Nurussalam Tersono?, Bagaimana efektivitas peran
guru pendidikan agama Islam dalam membangun karakter siswa MTs
Nurussalam Tersono?, Tujuan dari penulisan skripsi adalah Untuk
mengetahui strategi guru PAI dalam membangun karakter siswa di MTs
Nurussalam Tersono, Untuk mengetahui implementasi peran guru PAI
dalam membangun karakter siswa MTs Nurussalam Tersono, Untuk
mengetahui efektivitas peran guru PAI dalam membangun karakter siswa
MTs Nurussalam Tersono.
Pada penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif
dengan jenis penelitian lapangan (Fiel research). Adapun teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah metode intreview, obsevasi, dan
dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini adalah, Strategi guru pendidikan agama
Islam dalam membangun karakter siswa MTs Nurussalam Tersono
kabupaten Batang, adalah dengan strategi pembiasaan: Pembacaan do’a
sebelum dan sesudah pembelajaran dimulai, pemberian nasehat, sholat
berjama’ah, kegiatan PHBI, infaq sosial, serta berusaha menyebarkan
salam dan berbicara santun antar anggota sekolah. Keteladanan:
Pendekatan dalam metode keteladanan, yaitu metode keteladanan internal
dan keteladanan eksternal. Reward and punishment: berusaha diberlakukan
secara ideal dan strategis serta sesuai dengan prinsip-prinsip pedagogis dan
disesuaikan dengan sembilan pilar karakter. Serta sinergitas dengan
kegiatan ekstra pramuka. Kemudian efektivitas peran guru PAI dalam
membangun karakter siswa MTs Nurussalam Tersono menunjukkan
kategori baik, ini terlihat dari hasil data cek list yang telah penulis teliti.
17SK1721003.00 | SK PAI 17.003 FAH p | My Library (Lantai 3 Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain