SKRIPSI PAI
Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Dalam Kitab Ri’ayatul Himmah Karya KH. Ahmad Rifa’i
vii
ABSTRAK
Nur Ulisaadah Sofa. 2015. Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Dalam Kitab Ri’ayatul Himmah Karya KH. Ahmad Rifa’i. Skripsi Jurusan/Program Studi Tarbiyah/Pendidikan Agama Islam SekolahTinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pekalongan. Zaenal Mustakim, M.Ag.
Kata kunci : Nilai-Nilai pendidikan akhlak, kitab Ri’ayatul Himmah
Penelitian ini dilatarbelakangi Fenomena yang terjadi zaman sekarang kenakalan remaja menjadi semakin meluas. Sungguh sangat disayangkan sekali, tatkala kalangan remaja yang menjadi aset bangsa dan diharapkan dapat melanjutkan estafet pembangunan terhadap bangsanya sudah melakukan perilaku-perilaku menyimpang yang mengarah pada penurunan akhlak dan akan mengakibatkan bahaya terhadap bangsanya sendiri. Oleh karena itu pendidikan agama, terutama pendidikan akhlak sangat penting sekali dalam kehidupan. Dalam hal ini peneliti sangat tertarik sekali untuk mengetahui tentang bagaimana pendidikan akhlak yang sebenarnya yang diterapkan pada masyarakat, terutama nilai-nilai pendidikan akhlak yang diajarkan oleh KH. Ahmad Rifa’i dalam kitab Ri’ayatul Himmah karya KH. Ahmad Rifa’i. KH. Ahmad Rifa’i punya tanggung jawab yang besar bagi kelangsungan pendidikan akhlak. Beliau yang telah melahirkan kelompok yang lebih agamis, yaitu kelompok Rifa’iyah. Permasalahan yang akan dikaji dalam skripsi ini adalah bagaimana nilai-nilai pendidikan akhlak yang terkandung dalam kitab Ri’ayatul Himmah karya KH. Ahmad Rifa’i. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana nilai-nilai pendidikan akhlak yang terkandung dalam kitab Ri’ayatul Himmah karya KH. Ahmad Rifa’i. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi mengenai nilai-nilai pendidikan akhlak meliputi akhlak terhadap Allah, akhlak terhadap sesama manusia, dan akhlak terhadap lingkungan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian studi pustaka (Library Researc), dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui metode simak, dilakukan dengan melakukan penyimakan terhadap penggunaan bahasa. Menyimak di sini tidak hanya berkaitan dengan penggunaan bahasa secara lisan, tetapi juga penggunaan bahasa secara tertulis. Analisis data dilakukan dengan cara teknik analisis isi (content analysis).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai pendidikan akhlak yang terkandung dalam Kitab Ri’ayatul Himmah karya KH. Ahmad Rifa’i terbagi menjadi tiga, yang pertama yaitu akhlak kepada Allah Swt yang meliputi zuhud, qona’ah, sabar, tawakkal, mujahadah, ridha, syukur dan ikhlas. Yang kedua akhlak kepada sesama manusia, meliputi pemberian nasihat, dalam pendidikan seorang guru tidak hanya bertugas mentransformasikan ilmu yang dimilikinya kepada anak didiknya, namun seorang guru juga bertugas memberikan arahan dan nasehat kepada setiap peserta didik agar terbentuk karakter peserta didik yang berakhlakul karimah. dan yang terakhir akhlak kepada lingkungan, penulis tidak menemukan nadhom dalam kitab Ri’ayatul Himmah yang berkaitan dengan akhlak terhadap lingkungan. Di dalam kitab Ri’ayatul Himmah hanya di jelaskan mengenai nikmat Allah yang wajib disyukuri berupa tumbuh-tumbuhan dan hewan yang bisa dimanfaatkan oleh manusia demi kelangsungan hidupnya.
17SK1721002.00 | SK PAI 17.002 SOF n | My Library (Lantai 3 Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain