TA PERBANKAN SYARIAH
Strategi Pemasaran Produk Takafulink Salam Di Hijrah Agency Takaful Keluarga Pekalongan
Perusahaan asuransi syariah merupakan perusahaan yang menawarkan produk berupa jasa yang dalam operasinya berdasarkan syariat Islam. Dalam asuransi syariah terdapat dua jenis perlindungan takaful, yaitu takaful keluarga dan takaful umum. Asuransi takaful keluarga memiliki produk yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat saat ini. Salah satu produk yang unggul dan dapat melengkapi kebutuhan nasabahnya ialah produk Takafulink Salam, yaitu produk asuransi jiwa yang berhasil menarik minat nasabahnya melalui proses manajemen pemasaran yang terkonsep dengan baik. Manajemen pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan asuransi menjadi faktor pendukung keberhasilan dan keberlangsungan suatu perusahaan. Namun suatu produk layanan yang diluncurkan tidak akan menarik minat nasabah tanpa adanya suatu strategi yang tepat pada sasaran.
Dalam Tugas Akhir ini terdapat 2 rumusan masalah mengenai strategi pemasaran produk Takafulink Salam di Hijrah Agency Takaful Keluarga Pekalongan dan strategi untuk meningkatkan jumlah peserta Takafulink Salam.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif yang menggunakan sumber data primer dan sumber data sekunder. Sumber data primer adalah data yang diperoleh secara langsung dari lapangan melalui wawancara dengan bapak Akhmad Zaeni selaku TAD, sedangkan sumber data sekunder adalah data yang diperoleh secara tidak langsung dari subyek penelitian namun didapat dari dokumentasi atau laporan serta arsip-arsip resmi. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang digunakan oleh Hijrah Agency Takaful Keluarga Pekalongan untuk peningkatan pemasaran menggunakan strategi marketing mix yang terdiri dari 7P yaitu Product, Price, Place, Promosi,People, Process, dan Physical Evidence . Strategi yang digunakan Hijrah Agency Takaful Keluarga Pekalongan untuk meningkatkan peserta dengan 3 hal: 1) SDM (meningkatkan produk Knowledge, kemampuan Selling Skill, kemampuan dalam bidang Financial Planning), 2) Produk: dilakukan metode paketing atau dikemas untuk tujuan khusus, 3) Nasabah/peserta: segmentasi disesuaikan dengan produknya.
17TA1712054.00 | TA D-3PBS 17.054 IRM s | My Library (Lantai 3,,Tugas Akhir) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain