TA PERBANKAN SYARIAH
Strategi Pemasaran Produk Pembiayaan Musyarakah Untuk Modal Usaha Dalam Perspektif SWOT (Studi Kasus Kospin Jasa Syariah Bulakamba Brebes)
Bagi Bank dan lembaga keuangan lainnya, kegiatan pemasaran sudah merupakan suatu kebutuhan utama dan merupakan suatu keharusan untuk di jalankan, tanpa kegiatan pemasaran jangan diharapkan kebutuhan dan keinginan pelangganya dapat terpenuhi. Sistem pembiayaan musyarakah merupakan akad kerja sama antara dua pihak atau lebih untuk suatu usaha tertentu dimana masing-masing pihak memberikan kontribusi dana dengan kesepakatan bahwa keuntungan dan risiko akan ditanggung bersama sesuai dengan kesepakatan.
Penelitian ini mencari jawaban tentang bagaimana strategi pemasaran produk pembiayaan musyarakah untuk modal usaha di Kospin JASA Syariah Bulakamba Brebes dalam prespektif SWOT dan faktor-faktor apa saja yang mendukung dan mengambat strategi pemasaran produk pembiayaan musyarakah untuk modal usaha di Kospin JASA Syariah Bulakamba Brebes.
Jenis Penelitian Tugas Akhir ini adalah penelitian lapangan (field research) maka penulis dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif sebagai prosedur yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Sumber data diperoleh melalui sumber data primer, dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan datanya melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan dalam menganalisis data menggunakan analisis data induktif dan analisis data deskripif.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pelaksanaan strategi pemasaran produk pembiayaan musyarakah di Kospin JASA Syariah Bulakamba Brebes yaitu terdiri dari beberapa tahapan mulai targeting, segmenting, positioning, strategi bauran pemasaran (marketing mix) dan mengandalkan sistem pemasaran jemput bola. Strategi pemasaran tersebut sangat berpengaruh terhadap perkembangan produk pembiayaan musyarakah di Kospin JASA Syariah Bulakamba yang dari tahun ke tahun mengalami peningkatan cukup signifikan. Adapun faktor pendukung strategi pemasaran produk pembiayaan musyarakah di Kospin JASA Syariah Bulakamba bisa dilihat dari berbagai faktor antara lain SDM, lokasi, tekonologi, price, proses pengajuan pembiayaan, dan brand. Sedangkan untuk faktor penghambat stategi pemasaran produk pembiayaan musyarakah adalah karena faktor kurangnya SDM di Kospin JASA Syariah Bulakamba, pesaing, dan kurangnya pemahaman masyarakat pada sistem pembiayaan musyarakah ini.
17TA1712050.00 | TA D-3PBS 17.050 ARI s | My Library (Lantai 3,,Tugas Akhir) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain