TA PERBANKAN SYARIAH
Strategi Promosi Produk Tabungan Syariah Idul Fitri (Tunas Fitri) Di KJKS BTM Melati Pekalongan Tahun 2012-2015
Kata Kunci : Promosi, Strategi Promosi, Produk Tabungan, Tunas Fitri, BTM.
Kepercayaan merupakan prinsip yang utama dalam manajemen penghimpunan dana (funding). Setiap lembaga keuangan terkhusus BTM harus terus membangun kepercayaan masyarakat untuk menitipkan dananya agar jumlah dana yang dihimpun seimbang dengan jumlah dana yang disalurkan kepada nasabah melalui pembiayaan. Sebagai upaya untuk membangun kepercayaan masyarakat, BTM diharuskan melakukan kegiatan promosi. Tanpa promosi, mustahil bagi BTM untuk dapat mempertahankan produknya di pasaran.
Berdasarkan latar belakang tersebut, maka rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana strategi promosi KJKS BTM Melati Pekalongan tahun 2012-2015 dan apa saja faktor pendukung serta penghambat KJKS BTM Melati Pekalongan dalam menerapkan strategi promosinya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi promosi KJKS BTM Melati Pekalongan tahun 2012-2015 dan untuk mengetahui apa saja faktor pendukung serta penghambat KJKS BTM Melati Pekalongan dalam menerapkan strategi promosinya.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, artinya suatu pendekatan yang bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh KJKS BTM Melati Pekalonga yang bersifat alami. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, interview dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, yaitu mengungkap strategi promosi yang digunakan KJKS BTM Melati Pekalongan yang dikaitkan dengan teori-teori secara umum.
Hasil dari penelitian yang telah di lakukan bahwa dalam melakukan strategi promosinya BTM Melati menggunakan empat unsur bauran promosi sebagai alat promosinya, yaitu advertising, personal selling, publicity, dan sales promotion. Dari keempat media promosi yang digunakan BTM, media personal selling termasuk sebagai media yang cukup efektif, karena cukup banyak nasabah TUNAS FITRI yang mengetahui produk tersebut melalui personal selling yang dilakukan BTM Melati. Dalam kegiatan promosinya, BTM menemukan hambatan, ada juga hal-hal yang bisa mendorong atau mempermudah BTM dalam melakukan promosi. Untuk mengatasi hambatan-hambatan yang terjadi, BTM Melati sebaiknya perlu melakukan perencanaan yang lebih matang, sehingga hasil yang didapatkan juga sesuai dengan target dan harapan. Peningkatan kerja sama antar karyawan juga dinilai bisa membuat promosi dan kinerja serta pelayanan yang dihasilkan lebih baik.
17TA1712018.00 | TA D-3PBS 17.018 RES s | My Library (Lantai 3,,Tugas Akhir) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain