TA PERBANKAN SYARIAH
Strategi Bauran Promosi (Promotion Mix) Pada Produk Piutang Murabahah Di KJKS BTM Wuled Tirto Periode 2012 - 2015
Penelitian ini tentang strategi bauran promosi (promotion mix) pada produk piutang murabahah di KJKS BTM Wuled Tirto. Alasan mengapa diteliti, karena meskipun dari data perkembangan volume pembiayaan pada produk piutang murabahah selalu mengalami peningkatan setiap tahunnya namun dari segi presentase sebaliknya selalu mengalami penurunan. Sehingga penelitian ini dilakukan untuk mengetahui stratgei bauran promosi (promotion fix) pada produk piutang murabahah serta untuk mengetahui kendala apa yang dihadapi KJKS BTM Wuled Tirto dalam melakukan promosi sehingga terjadi penurunan presentase penjualan produk piutang murabahah pada periode 2012-2015 dan upayanya dalam mengatasi hambatan tersebut. Jenis pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini berjenis penelitian lapangan (field research). Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Teknik pengumpulan datanya yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, penulis dapat mengambil kesimpulan bahwa strategi promosi yang digunakan KJKS BTM Wuled Tirto pada produk pembiayaan murabahah adalah dengan menggunakan sarana promosi periklanan (brosur, spanduk, kalender), personal selling (pemasaran langsung oleh marketing), promosi penjualan (potongan margin), hubungan masyarakat (PR) atau Publisitas (acara seminar dan bantuan untuk Amal Usaha Muhammadiyah), dan pemasaran langsung (surat, telpon, dan email). Ada beberapa hambatan yang menjadi penyebab turunnya presentase penjualan produk piutang murabahah periode 2012-2015 yang sebenarnya hambatan tersebut berasal dari kekurangan pada sarana promosi itu sendiri. Namun KJKS BTM Wuled Tirto berupaya untuk mengatasi hal tersebut dengan cara yaitu dengan memaksimalkan sarana promosi sebaik mungkin, mulai dari sarana promosi periklanan, personal selling, promosi penjualan, hubungan masyarakat (PR) atau Publisitas, dan Pemasaran langsung.
17TA1712016.00 | TA D-3PBS 17.016 MUN s | My Library (Lantai 3,,Tugas Akhir) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain