BUKU
Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia
Strategi merupakan usaha untuk memperoleh kesuksesan dan keberhasilan dalam mencapai tujuan. Dalam dunia pendidikan strategi dapat diartikan sebagai a plan, method, or series of activities designed to achieves a particular educational goal (J. R. David, 1976). Sedangkan menurut kamus Purwadarminta ( 1976 ), secara umum metode adalah cara yang telah teratur dan terpikir baik – baik untuk mencapai suatu maksud. Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, metode adalah cara kerja yang bersistem untuk memudahkan pelaksanaan suatu kegiatan guna mencapai tujuan yang ditentukan. Metode berasal dari bahasa Inggris yaitu Method artinya melalui, melewati, jalan atau cara untuk memperoleh sesuatu. Strategi pembelajaran dapat diartikan sebagai perencanaan yang berisi tentang rangkaian kegiatan yang didesain untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Strategi pembelajaran merupakan rencana tindakan (rangkaian kegiatan) termasuk penggunaan metode dan pemanfaatan berbagai sumber daya atau kekuatan dalam pembelajaran yang disusun untuk mencapai tujuan tertentu. Dalam hal ini adalah tujuan pembelajaran.
metode pembelajaran di sini dapat diartikan sebagai cara yang digunakan untuk mengimplementasikan rencana yang sudah disusun dalam bentuk kegiatan nyata dan praktis untuk mencapai tujuan pembelajaran. Terdapat beberapa metode pembelajaran yang dapat digunakan untuk mengimplementasikan strategi pembelajaran, diantaranya: (1) ceramah; (2) demonstrasi; (3) diskusi; (4) simulasi; (5) laboratorium; (6) pengalaman lapangan; (7) brainstorming; (8) debat, (9) simposium, dan sebagainya. Sementara taktik pembelajaran merupakan gaya seseorang dalam melaksanakan metode atau teknik pembelajaran tertentu yang sifatnya individual. Misalkan, terdapat dua orang sama-sama menggunakan metode ceramah, tetapi mungkin akan sangat berbeda dalam taktik yang digunakannya.
Bab 1 Pendahuluan
Konsep Dasar Strategi Belajar
Taksonomi Variabel Pembelajaran
Desain Pembelajaran
Bab 2 Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia
Konsep Dasar Strategi Pembelajaran
Strategi Belajar clan Pembelajaran
Jenis Strategi Pembelajaran
Model Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia
Bab 3 Pendekatan clan Metode Pembelajaran Bahasa Indonesia
Konsep Dasar Pembelajaran Bahasa
Pendekatan Pembelajaran
Metodologi Pembelajaran Bahasa
Ragam Metode clan Metode Pembelajaran Bahasa Indonesia
Bab 4 Teknik Pembelajaran Bahasa Indonesia
Konsep Dasar Teknik Pembelajaran
Teknik Mengajar clan Pembelajaran Bahasa Indonesia
Ragam Jenis Teknik Pembelajaran Bahasa Indonesia
Kegiatan clan Teknik Pembelajaran Keterampilan Berbahasa
Bab 5 Model Pembelajaran Bahasa Indonesia
Dasar-dasar Model Pembelajaran Bahasa
Model Pembelajaran yang Efektif
Jenis Model Pembelajaran Bahasa Indonesia
Bab 6 Proses Pemerolehan clan Pembelajaran Bahasa Kedua
Konsep Dasar Pemerolehan Bahasa Kedua
Teori Pembelajaran Bahasa Kedua
Faktor-faktor yang Memengaruhi Penguasaan Bahasa Kedua
Strategi Kemampuan,Teknik, clan Proses Penguasaan Bahasa Kedua
Bab 7 Peran Guru Bahasa Indonesia dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia
Konsep Dasar Peran Guru dalam Pembelajaran
Pembelajaran Bahasa Indonesia
Peran Guru clan Teknik Mengajar dalam
Pembelajaran Bahasa Indonesia
Peran Guru Bahasa Indonesia dalam PBI
Bab 8 Media Pembelajaran Bahasa Indonesia
Konsep Dasar Media Pembelajaran Bahasa
Indonesia
Pemilihan Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia
Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Indonesia
Model Aplikasi Penggunaan Media Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Proses Pembelajaran
Bab 9 Pengelolaan Kelas dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia
Konsep Dasar Pengelolaan Kelas
Pengelolaan Kelas Pembelajaran Bahasa Indonesia
Implementasi Pengelolaan Kelas Pembelajaran Bahasa Indonesia
Model Pengelolaan Kelas Pembelajaran Bahasa Indonesia
Bab 10 Evaluasi Pembelajaran Bahasa Indonesia
Konsep Dasar Evaluasi Pembelajaran
Teknik Evaluasi clan Assesment Pembelajaran
Tes clan Evaluasi Pengajaran Bahasa
Bentuk, Model, Jenis, clan Penilaian Tes Bahasa Indonesia
Bab 11 Strategi Membangun Budaya Literasi pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia melalui Kurikulum 2013
Dasar-clasar Pengembangan Budaya Literasi pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia
Model Pengembangan Budaya Literasi pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia
Kajian Kurikulum yang Berbasis Literasi
Membangun Budaya Literasi melalui Kurikulum
Bab 12 Model Pembelajaran Berbasis Teks dalam Kurikulum 2013
Konsep Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Teks
Landasan Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Teks
Implementasi Kurikulum 2013 dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia
Prosedur Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Teks
16TD160818.00 | TD 499.22107 ASI s | My Library (Lantai 2, Tandon) | Tersedia |
16SR160818.01 | SR 499.22107 ASI s C.1 | My Library (Lantai 2, Sirkulasi) | Tersedia |
16SR160818.02 | SR 499.22107 ASI s C.2 | My Library (Lantai 2, Sirkulasi) | Tersedia |
17SR170198.03 | SR 499.22107 ASI s C.3 | My Library (Lantai 2, Sirkulasi) | Tersedia |
17SR170198.04 | SR 499.22107 ASI s C.4 | My Library (Lantai 2, Sirkulasi) | Tersedia |
17SR170198.05 | SR 499.22107 ASI s C.5 | My Library (Lantai 2, Sirkulasi) | Tersedia |
17SR170198.06 | SR 499.22107 ASI s C.6 | My Library (Lantai 2, Sirkulasi) | Tersedia |
17SR170198.07 | SR 499.22107 ASI s C.7 | My Library (Lantai 2, Sirkulasi) | Sedang Dipinjam (Jatuh tempo pada2019-05-06) |
Tidak tersedia versi lain