BUKU
Konseling Kelompok
Pelayanan Bimbingan dan konseling di sekolah dan madrasah dari satuan tingkat sekolah dasar hingga perguruan tinggi dewasa ini semakin dibutuhkan. Seiring dengan semakin pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, berbagai persoalan pun muncul dengan segala kompleksitasnya. Dunia pendidikan tampaknya belum sepenuhnya mampu menjawab berbagai persoalan akibat perkembangan IPTEK, indikasinya adalah muncul berbagai penyimpangan perilaku di kalangan peserta didik yang seyogianya tidak dilakukan oleh seorang atau orang yang disebut terdidik. Selain itu, potensi siswa sebagai individu seperti bakat, minat, cita-cita dan lain sebagainya juga belum terkembang dan tersalurkan secara optimal melalui proses pendidikan dan pembelajaran di kelas.
Bimbingan kelompok dilakukan dengan memanfaatkan suasana kelompok tertentu. Jenis kelompok yang biasanya dipakai dalam bimbingan kelompok ialah kelompok skunder, kelompok sosial atau kelompok psikologikal, kelompok tidak terorganisasikan, dan kelompok informal. Keanggotaan dalam kelompok yang dipakai untuk bimbingan kelompok biasanya bersifat sukarela dan para peserta bimbingan kelompok biasanya tertarik memasuki kegiatan bimbingan kelompok karena kegiatan tersebut diangap dapat menyajikan suasana yang menarik dan dapat memenuhi kebutuhan yang diinginkan
Layanan konseling kelompok adalah layanan bimbingan dan konseling yang memungkinkan siswa memperoleh kesempatan untuk pembahasan dan pengentasan permasalahan yang dialaminya melalui dinamika kelompok. Dinamika kelompok ialah suasana yang hidup, yang berdenyut, yang bergerak, yang ditandai dengan adanya interaksi antar sesama anggota kelompok (Prayitno dalam Vitalis, 2008:63).
Layanan konseling kelompok adalah suatu proses antar pribadi yang dinamis, terpusat pada pikiran dan perilaku yang disadari, dibina, dalam suatu kelompok kecil mengungkapkan diri kepada sesama anggota dan konselor, dimana komunikasi antar pribadi tersebut dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan pemahaman dan penerimaan diri terhadap nilai-nilai kehidupan dan segala tujuan hidup serta untuk belajar perilaku tertentu ke arah yang lebih baik (Winkel dan Hastuti, 2004:198).
16TD160783.00 | TD 158.35 KUR k | My Library (Lantai 2, Tandon) | Tersedia |
16SR160783.01 | SR 158.35 KUR k C.1 | My Library (Lantai 2, Sirkulasi) | Tersedia |
16SR160783.02 | SR 158.35 KUR k C.2 | My Library (Lantai 2, Sirkulasi) | Tersedia |
16SR160783.03 | SR 158.35 KUR k C.3 | My Library (Lantai 2, Sirkulasi) | Tersedia |
16SR160783.04 | SR 158.35 KUR k C.4 | My Library (Lantai 2, Sirkulasi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain