BUKU
Manajemen Pendidikan Usia Dini Filosofi Konsep Dan Aplikasi
Usaha mencerdaskan kehidupan bangsa dilaksanakan secara berkelanjutan mulai dari jenjang pendidikan dasar, pendidikan menengah, dan jenjang pendidikan tinggi. Selain itu, diselenggarakan pendidikan prasekolah atau dikenal juga dengan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Dalam perkembangan dewasa ini, pendidikan anak usia dini merupakan program pendidikan yang diarahkan pada upaya pembelajaran yang sesuai dengan usia anak dan mampu menggali potensi anak sehingga dapat menjadi bekal dalam kehidupan anak pada masa depan. PAUD merupakan pendidikan yang mendasar dan strategis dalam pembangunan sumber daya manusia, dan telah ditempatkan sejajar dengan pendidikan lainnya sesuai Pasal 28 Undang-undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Pendidikan anak usia dini adalah pendidikan yang paling rendah tingkatannya, tetapi memiliki makna yang paling tinggi dibandingkan satuan-satuan pendidikan lainnya. Dapat dikatakan di sini bahwa keberhasilan seseorang dalam menempuh pendidikan dasar, menengah, dan tinggi sangat ditentukan oleh apa-apa yang diperoleh di PAUD.
Pendidikan anak usia dini (PAUD) merupakan upaya strategis untuk menyiapkan generasi bangsa yang berkualitas, dalam rangka memasuki era globalisasi yang penuh tantangan. Dengan kata lain, sukses masa depan hanya dapat diciptakan dengan mempersiapkan generasi sekarang melalui PAUD. Mengingat pentingnya PAUD inilah, maka buku Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini ini diterbitkan.
Buku ini dapat dijadikan pedoman oleh para pelaksana di lapangan, khususnya guru, calon guru, kepala sekolah, pengawas, dan tenaga kependidikan lainnya. Juga untuk para orang tua agar dapat dijadikan pedoman dalam pengasuhan dan pembimbingan anak. Buku ini dikemas dan disajikan dengan bahasa yang sederhana dan mudah dimengerti sehingga mudah dipraktikkan oleh para pembaca dari berbagai golongan yang peduli terhadap pendidikan.
PAUD merupakan salah satu bentuk penyelenggaraan pendidikan yang menitikberatkan pada peletakan dasar ke arah pertumbuhan dan perkembangan fisik (koordinasi motorik halus dan kasar), kecerdasan (daya pikir, daya cipta, kecerdasan emosi, dan kecerdasan spiritual), sosio emosional (sikap dan perilaku serta agama), bahasa dan komunikasi, sesuai dengan keunikan dan tahap-tahap perkembangan yang dilalui oleh anak usia dini.
Program ini bertujuan agar semua anak usia dini (usia 0-6 tahun), baik laki-laki maupun perempuan memiliki kesempatan tumbuh dan berkembang optimal sesuai dengan potensi yang dimilikinya, dan sesuai tahap-tahap perkembangan atau tingkat usia mereka. Pendidikan anak usia dini juga merupakan persiapan untuk mengikuti jenjang pendidikan sekolah dasar. Selain itu, PAUD juga bertujuan menjaga dan memperhatikan kelangsungan hidup serta memfasilitasi tumbuh berkembang anak usia dini melalui pengasuhan, stimulasi pendidikan, stimulasi kecerdasan, serta layanan gizi dan kesehatan dalam rangka melejitkan perkembangan kecerdasan anak.
16TD160752.00 | TD 372.1102 SUT m | My Library (lantai 2, Tandon) | Tersedia |
16SR160752.01 | SR 372.1102 SUT m C.1 | My Library (Lantai 2, Sirkulasi) | Tersedia |
16SR160752.02 | SR 372.1102 SUT m C.2 | My Library (Lantai 2, Sirkulasi) | Tersedia |
16SR160752.03 | SR 372.1102 SUT m C.3 | My Library (Lantai 2, Sirkulasi) | Tersedia |
16SR160752.04 | SR 372.1102 SUT m C.4 | My Library (Lantai 2, Sirkulasi) | Tersedia |
19SR190599.05 | SR 372.1102 SUT m C.5 | My Library (Lantai 2, Sirkulasi) | Tersedia |
19SR190599.06 | SR 372.1102 SUT m C.6 | My Library (Lantai 2, Sirkulasi) | Tersedia |
19SR190599.07 | SR 372.1102 SUT m C.7 | My Library (Lantai 2, Sirkulasi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain