SKRIPSI PAI
Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Aqidah Akhlak Pada Materi Riya dan Nifaq Melalui Metode Simulasi Pada Siswa Kelas VIII A MTs Maulana Maghribi Ujungnegoro Kandeman Batang Semester Genap Tahun Pelajaran 2014/2015
vi i
ABSTRAK
AHMAD SUSANTO, 2015. Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Aqidah Akhlak Pada Materi Riya dan Nifaq Melalui Metode Simulasi pada Siswa Kelas VIII A MTs Maulana Maghribi Ujungnegoro Kandeman Batang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam. Jurusan Tarbiyah. Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pekalongan. Pembimbing: Abdul Khobir, M.Ag.
Kata Kunci: prestasi belajar, metode simulasi
Pendidikan akidah akhlak diarahkan untuk menyiapkan siswa dalam mengenal, memahami, menghayati dan mengamalkan akidah Islam dalam kehidupan sehari-hari yang kemudian menjadi dasar pandangan hidup melalui kegiatan pengajaran, penggunaan, pengamalan dan pembiasaan. Pelajaran ini diberikan kepada siswa sebagai bekal akidah (keimanan) dan dasar seseorang dalam bersikap (akhlak) dan berperilaku sebagai seorang muslim sejati. Rendahnya kemampuan atau hasil belajar siswa dalam memahami pelajaran Aqidah Akhlak dan praktiknya dalam kehidupan sehari-hari berhubungan erat dengan kemampuan dasardi sekolah. Ilmu Aqidah Akhlak merupakan ilmu yang wajib diketahui oleh siswa tidak sekedar asal-asalan akan tetapi pelaksanaannya dalam kehidupan nyata
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah Ada Peningkatan Prestasi Belajar Aqidah Akhlak pada Materi Riya dan Nifak melalui Metode Simulasi pada Siswa Kelas VIII A MTs Maulana Maghribi Kandeman Batang Semester Genap Tahun Pelajaran 2014/2015? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan Prestasi Belajar pada Pelajaran Akidah Akhlak pada Materi Riya dan Nifak melalui Metode Simulasi pada Siswa Kelas VIII A MTs Maulana Maghribi Kandeman Batang Semester Genap Tahun Pelajaran 2014/2015.
Penelitian yang dilakukan merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang ditandai dengan adanya siklus. Langkah-langkah penelitian dipilih dengan model Kemmis and Taggart yang terdiri dari beberapa siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan (observasi) dan refleksi.
Berdasarkan hasil tindakan siklus diketahui ada peningkatan prestasi belajar Aqidah Akhlak materi Riya dan Nifaq. Sebelum pelaksanaan penelitian (pra siklus) persentase daya serap siswa adalah 29,63% dengan rata-rata nilai 68,11, Pada siklus 1 ada peningkatan prestasi belajar dengan rata-rata nilai 71,89, dan persentase ketuntasan belajar 44,44%. Dengan KKM 75, hasil ini menunjukkan ketuntasan klasikal belum tercapai. Pada siklus 2 terjadi peningkatan rata-rata prestasi belajar siswa yakni 73,48, dengan persentase ketuntasan belajar 62,96%. Hasil ini menunjukkan rata-rata kelas belum mencapai KKM. Kemudian pada siklus 3 terjadi peningkatan rata-rata prestasi belajar siswa 77,33 dengan persentase ketuntasan belajar 88,89%. Hasil ini menunjukkan hasil belajar Aqidah Akhlak materi Riya dan Nifaq pada siswa kelas VIII A MTs Maulana Maghribi Kandeman Batang sudah meningkat dan ketuntasan belajar secara klasikal sudah tercapai.
16SK1621084.00 | SK PAI 16.084 SUS u | My Library (Lantai 3 Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain