SKRIPSI PAI
Korelasi Kompetensi Kepribadian Guru PAI dengan Motivasi Belajar PAI Siswa SMP Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
vii
ABSTRAK
Ayuningtyas, Andria. 2015, Korelasi Kompetensi Kepribadian Guru PAI dengan Motivasi Belajar PAI Siswa SMP Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan. Skripsi Jurusan/Program Studi: Tarbiyah/S1 PAI Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pekalongan. Pembimbing: Miftahul Ula, M. Ag.
Kata kunci: Kompetensi kepribadian guru, Motivasi belajar
Pada SMP Muhammadiyah Pekajangan kompetensi kepribadian guru di sana baik. Guru sangat sabar dalam menghadapi murid-murid dalam proses pembelajaran di dalam maupun di luar kegiatan belajar mengajar. Mereka telah memberikan yang terbaik untuk siswanya, namun pada kenyataannya motivasi siswa masih kurang dalam pembelajaran agama Islam. Dengan demikian peneliti mengambil judul “Korelasi Kompetensi Kepribadian Guru PAI dengan Motivasi Belajar PAI Siswa SMP Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan”.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: Bagaimana kompetensi kepribadian guru PAI smp muhammadiyah Pekajangan Pekalongan?, Bagaimana motivasi belajar PAI siswa smp muhammadiyah Pekajangan Pekalongan?,dan Apakah ada korelasi kompetensi guru PAI dengan motivasi belajar PAI siswa di smp muhammadiyah Pekajangan Pekalongan?. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kompetensi kepribadian guru PAI SMP Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan juga untuk mendeskripsikan motivasi belajar PAI siswa SMP Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan. Dan untuk mendeskripsikan adanya korelasi kompetensi kepribadian guru PAI dengan motivasi belajar PAI siswa di SMP Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan.
Penelitian termasuk jenis penelitian lapangan (field researhc). Dengan mengguakan pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis datanya mengunakan teknik analisis korelasi product moment.
Dari hasil penelitian ini diperoleh kompetensi kepribadian guru PAI SMP Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan termasuk dalam kategori sangat tinggi, hal ini dapat dibuktikan dengan nilai rata-rata angket sebesar 61 berada di interval 59-72. Kemudian, motivasi belajar PAI siswa SMP Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan termasuk dalam kategori tinggi, hal ini dapat dibuktikan dengan nilai rata-rata angket sebesar 58 berada di interval 47-61. Setelah dilakukan penelitian diperoleh bahwa nilai rxysebesar 0,433 > rtabel 0,213. Dalam pedoman interpretasi nilai r terletak pada interval 0,40 – 0,599, yang termasuk dalam kategori cukup. Terdapat nilai dalam kp (kontribusi persen) sebesar 18,75% yang artinya korelasi variabel x (kompetensi kepribadian guru PAI) terhadap variabel y (motivasi belajar PAI siswa) sebesar 18,75% dan 81,25% ditentukan oleh variabel lain. Dengan hasil hipotesis Ho ditolak dan Ha diterima dengann kriteria keputusan yang diambil berdasarkan nilai probabilitasnya adalah “jika probabilitas (sig) > α , maka Ha diterima” maka hipotesis yang penulis ajukan diterima.
16SK1621083.00 | SK PAI 16.083 AYU k | My Library (Lantai 3 Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain