SKRIPSI PAI
Pengaruh Persepsi Pengelompokan Peserta Didik terhadap Motivasi Belajar PAI Siswa di SMP Negeri 1 Wonopringgo Kabupaten Pekalongan
vii
ABSTRAK
Nisa, Atika Khoirun. 2021111330. 2015. Pengaruh Persepsi Pengelompokan Peserta Didik terhadap Motivasi Belajar PAI Siswa di SMP Negeri 1 Wonopringgo Kabupaten Pekalongan. Skripsi. Tarbiyah PAI STAIN Pekalongan.
Pembimbing : Dr. Hj. Sopiah, M.Ag
Kata Kunci : Persepsi Pengelompokan Peserta Didik, Motivasi Belajar PAI
Setiap sekolah mempunyai kewenangan sendiri untuk mengatur sekolahnya, tak terkecuali dalam hal mengatur peserta didik. Salah satu hal untuk mengatur peserta didik yaitu dengan melakukan pengelompokan peserta didik. Peserta didik dikelompokkan ke dalam kelas-kelas baik berdasarkan kriteria tertentu seperti prestasi maupun pengelompokan yang terjadi secara alami, dengan adanya pengelompokan peserta didik maka akan menimbulkan persepsi dari tiap-tiap peserta didik sehingga hal itu akan berpengaruh terhadap motivasi belajar peserta didik.
Berdasarkan latar belakang diatas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: Bagaimana persepsi siswa tentang pengelompokan peserta didik di SMP Negeri 1 Wonopringgo Kabupaten Pekalongan?, Bagaimana Motivasi Belajar PAI Siswa di SMP Negeri 1 Wonopringgo Kabupaten Pekalongan?, Bagaimana Pengaruh Persepsi Pengelompokan Peserta Didik terhadap Motivasi Belajar PAI siswa di SMP Negeri 1 Wonopringgo Kabupaten Pekalongan?
Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (Field Research). Dengan menggunakan pendekatan kuantitaif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket dengan teknik analisis data menggunakan regresi linier sederhana.
Hasil penelitian yang telah dilakukan di SMP Negeri 1 Wonopringgo menunjukan bahwa terdapat atau ada pengaruh yang signifikan antara persepsi pengelompokan peserta didik dengan motivasi belajar PAI siswa yaitu sebesar 2,284 > 2,00 dengan koefisien determinasi yang menyatakan pengaruh persepsi pengelompokan peserta didik terhadap motivasi belajar PAI siswa sebesar 5,95% yang berarti bahwa pengaruh positif persepsi pengelompokan peserta didik yang dapat memotivasi belajar PAI siswa hanya sedikit. Hal ini dikarenakan adanya perbedaan dari setiap individu.
16SK1621081.00 | SK PAI 16.081 NIS p | My Library (Lantai 3 Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain