SKRIPSI PBA
"Pengaruh Metode Eklektik Terhadap Minat Belajar Bahasa Arab Siswa Kelas X IPS I Di MAN Pemalang Tahun Ajaran 2014/2015"
vii
ABSTRAK
Nama : JAENAL ABIDIN, NIM : 2022111020, Judul : PENGARUH
METODE EKLEKTIK TERHADAP MINAT BELAJAR BAHASA ARAB SISWA
KELAS X IPS I DI MAN PEMALANG TAHUN AJARAN 2014/2015.
Bahasa Arab telah lama berkembang di Indonesia, akan tetapi tampaknya
mempelajari bahasa Arab sampai sekarang tidak luput dari problem. Salah satu
diantaranya adalah problem dalam hal penggunaan metode. Metode memiliki
peranan yang cukup penting dalam hal kesuksesan penerapan materi yang
disajikan. Metode juga berfungsi sebagai alat perangsang dari luar yang dapat
membangkitkan minat belajar seseorang.
MAN Pemalang merupakan sekolah yang lebih menekankan pada unsur
keagamaan. Salah satu pembelajaran yang berbasis agama yaitu mata pelajaran
bahasa Arab. Terdapat kendala tersendiri dalam pembelajaran bahasa Arab yaitu
rendahnya minat siswa dalam belajar bahasa Arab. Adapun yang melatar
belakangi rendahnya minta siswa dalam belajar bahasa Arab adalah pendidikan
mereka yang berbeda-beda. Oleh karenanya salah satu tindakan guru untuk
menarik minat belajar bahasa Arab di MAN Pemalang adalah dengan
menggunakan metode eklektik dalam proses pembelajaran.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan
metode eklektik ?, bagaimana minat belajar bahasa Arab ?, bagaimana pengaruh
penerapan metode eklektik terhadap minat belajar bahasa Arab kelas X IPS I di
MAN Pemalang Tahun ajaran 2014/2015 ?. Kegunaan secara teoritis adalah untuk
menambah wawasan keilmuan bagi penulis dan memperkaya khazanah keilmuan
yang berkaitan dengan metode eklektik dan minat belajar siswa. Kegunaan secara
praktis adalah sebagai masukan bagi guru dalam penerapan metode yang tepat dan
memberikan informasi tertulis bagi mahasiswa yang akan melakukan penelitian
selanjutnya.
Peneliti menentukan jenis penelitiannya adalah jenis penelitian lapangan
(field research) dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode analisis
datanya dengan menggunakan rumus Products moment. Adapun data-data yang
diperlukan adalah dengan menggunakan metode angket (kuesioner), observasi,
wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian diketahui bahwa Penerapan metode eklektik kelas X IPS I di
MAN Pemalang tahun ajaran 2014/2015 termasuk dalam kategori baik, hal ini
dibuktikan dengan nilai rata-rata 53,16. Nilai tersebut berada pada interval nilai 52-54
dengan prosentase 21,62%. Minat belajar kelas X IPS I di MAN Pemalang tahun ajaran
2014/2015 termasuk dalam kategori baik, hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata 52,27.
Nilai tersebut berada pada interval nilai 52-54 dengan prosentase 2,70%. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif metode eklektik terhadap minat belajar
bahasa Arab siswa kelas X IPS I di MAN Pemalang tahun ajaran 2014/2015. Hal ini
terbukti berdasarkan perhitungan statistik dengan menggunakan rumus korelasi Product
moment yang hasilnya sebagai berikut rt pada taraf signifikansi 5% = 0,325 dan rt pada
taraf signifikansi 1% = 0,418, Sedangkan xy r = 0,75539 , jadi hasil di atas menunjukkan
bahwa rxy lebih besar dari rt ( xy r > rt ) baik pada taraf signifikansi 5% maupun 1%.
Dengan demikian hipotesis yang diajukan diterima.
16SK1622019.00 | SK PBA 16.019 ABI p | My Library (Lantai 3 Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain