SKRIPSI PAI
"Internalisasi Nilai Kejujuran Melalui Buku Catatan Harian Pembiasaan Salat Lima Waktu Siswa SMP Negeri 15 Pekalongan"
vii
ABSTRAK
Yuniarti, Arninda Eka. 2015. “Internalisasi Nilai Kejujuran Melalui Buku
Catatan Harian Pembiasaan Salat Lima Waktu Siswa SMP Negeri 15
Pekalongan”. Skripsi Jurusan Tarbiyah STAIN Pekalongan. Pembimbing : Dr.
Slamet Untung, M.Ag.
Dalam era perkembangan global sekarang ini, persaingan dalam segala
bidang menjadi pola hidup yang tidak dapat dihindarkan, kejujuran menjadi
seperti barang antik yang sulit didapatkan. Setiap hari kita dengar berita tentang
penipuan , perampokan, pencurian, penggelapan, pemalsuan, korupsi, manipulasi,
dan aksi-aksi lain yang bersumber dari tidak adanya kejujuran seseorang terhadap
dirinya sendiri. Kejujuran merupakan salah satu sikap yang penting dimiliki oleh
semua lapisan masyarakat, maka perlu bagi sekolah-sekolah untuk menanamkan
sikap ini kepada para peserta didik agar mereka memahami pentingnya bersikap
jujur sejak dini. Menanamkan kejujuran bagi peserta didik dapat dilakukan saat
mereka masih duduk dibangku sekolah. Karena sekolah merupakan wadah utama
dalam pembentukan karakter.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana proses
internalisasi nilai kejujuran siswa melalui buku catatan pemibasaan salat lima
waktu siswa SMP Negeri 15 Pekalongan?, Apa saja faktor yang mempengaruhi
internalisasi nilai kejujuran melalui buku catatan pembiasaan salat lima waktu
siswa SMP Negeri 15 Pekalongan?.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan
kualitatif. Sedangkan jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field
Research). Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi,
wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan metode Analisis data
kualitatif deskriftif.
Dari analisa kejujuran peserta didik di SMP Negeri 15 Pekalongan dapat
disimpulkan bahwa proses internalisasi nilai kejujuran di SMP Negeri 15
Pekalongan dilakukan melalui media buku catatan. Buku catatan sebagai media
untuk mengetahui kejujuran dan kedisiplinan siswa dalam melaksanakan salat
wajib lima waktu. Salat wajib yang dilaksanakan siswa dicatat dalam buku catatan
sebagai bukti siswa telah melaksanakan salat dan ditanda tangani oleh orang tua
serta dikoreksi oleh guru agama setiap seminggu sekali sebagai penilaian sikap.
Dan faktor yang mempengaruhi proses internalisasi nilai kejujuran melalui buku
catatan harian pembiasaan salat lima waktu siswa SMP Negeri 15 Pekalongan ada
dua yaitu faktor internal dan eksternal, faktor internal adalah faktor pembawaan
dari siswa yakni karakter siswa yang berbeda mempengaruhi dalam proses
internalisasi nilai kejujuran. Dan faktor eksternal yakni faktor keluarga yang
meliputi partisipasi atau dukungan dari orang tua yang ditunjukkan dengan
menanda tangani buku catatan harian pembiasaan salat lima waktu siswa, faktor
dari sekolah yakni sarana dan prasarana tempat ibadah disekolah, monitoring guru
agama dalam mengevaluasi buku catatan harian pembiasaan salat lima waktu
siswa, dan dukungan dari segenap dewan guru di SMP Negeri 15 Pekalongan, dan
faktor dari lingkungan masyarakat, masyarakat memberikan pengaruh pada setiap
individu didalamnya termasuk dalam membentuk karakter dan kebiasaan siswa.
16SK1621070.00 | SK PAI 16.070 YUN i | My Library (Lantai 3 Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain