Skripsi
Penerapan Metode Tarjamah dalam Pembelajaran Bahasa Arab Siswa Kelas VIII di MTs 45 Kauman Wiradesa kabupaten Pekalongan
vii
ABSTRAK
Mustaqimah, Nailatul, 2016. Penerapan Metode Tarjamah dalam Pembelajaran Bahasa Arab Siswa Kelas VIII di MTs 45 Kauman Wiradesa kabupaten Pekalongan. Skripsi Jurusan Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pekalongan. Pembimbing: Muhamad Jaeni, M.Pd., M. Ag.
Kata Kunci: Metode Tarjamah, Pembelajaran Bahasa Arab.
Mempelajari bahasa Arab tidak mempelajari bahasa ibu. Dalam hal ini, kegiatan menerjemahkan termasuk dalam keterampilan membaca. Penerjemahan merupakan proses pengungkapan makna yang dikomunikasikan dalam bahasa sumber ke dalam bahasa target sesuai makna yang dikandung dalam bahasa sumber. Penerjemahan memerlukan strategi yang jitu untuk mengatasi kendala-kendala yang muncul. Metode erat kaitannya dengan pembelajaran untuk mencapai hasil yang dingin dicapai. Seorang guru dituntut menguasai materi dengan baik sekaligus mampu menyampaikan materi tersebut dengan menggunakan metode yang baik pula, salah satunya yaitu metode tarjamah. Metode tarjamah merupakan cara menyajikan pelajaran dengan menerjemahkan bacaan berbahasa asing ke dalam bahasa sehari-hari. Dengan penerapan metode tarjamah diharapkan siswa mampu memahami teks-teks berbahasa asing.
Pemasalahan yang diteliti adalah (1) Bagaimana penerapan metode tarjamah dalam pembelajaran bahasa Arab siswa kelas VIII di MTs 45 Kauman Wiradesa kabupaten Pekalongan? (2) Apa faktor-faktor pendukung dan penghambat penerapan metode tarjamah dalam pembelajaran bahasa Arab siswa kelas VIII di MTs 45 Kauman Wiradesa kabupaten Pekalongan? Adapun tujuan penelitan ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan penerapan metode tarjamah dalam pembelajaran bahasa Arab siswa kelas VIII di MTs 45 Kauman Wiradesa kabupaten Pekalngan. (2) untuk mendeskripsikan faktor-faktor pendukung dan penghambat penerapan metode tarjamah dalam pembelajaran bahasa Arab siswa kelas VIII di MTs 45 Kauman Wiradesa kabupaten Pekalongan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian field research (penelitian lapangan). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data
viii
menggunakan teknik analisis induktif yaitu usaha untuk menemukan kategori berdasarkan data yang terkumpul.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) penerapan metode tarjamah dalam pembelajaran bahasa Arab siswa kelas VIII di MTs 45 Kauman Wiradesa kabupaten Pekalongan sudah terlaksana secara efektif, hal ini dapat dilihat dari proses kegiatan mengajar serta hasil evaluasi. 2) faktor pendukung dan faktor penghambat penerapan metode tarjamah dalam pembelajaran bahasa Arab siswa kelas VIII di MTs 45 Kauman Wiradesa kabupaten Pekalongan antara lain: Bahasa Arab sendiri sudah biasa diucapkan dalam do’a sehari-hari, semangat guru dalam mengajar dan menguasai metode, didukung oleh mata pelajaran BTQ dan mata pelajaran agama, sebagian siswa telah belajar di TPQ/TPA. Sedangkan faktor penghambatnya ialah latar belakang siswa yang berbeda, anak-anak sering lupa dengan kosa kata, kemampuan siswa yang berbeda, minimnya penyediaan kamus, kesulitan dalam merangkai kata.
16SK1622018.00 | SK PBA 16.018 MUS p | My Library (Lantai 3 Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain