SKRIPSI PAI
Problematika Pembuatan Rencana Kegiatan Pembelajaran Di Raudlatul Athfal Muslimat Nu Warulor Wiradesa
1
ABSTRAK
Siti Fatimah. Problematika Pembuatan Rencana Kegiatan Pembelajaran Di Raudlatul Athfal Muslimat Nu Warulor Wiradesa. Skripsi. Pekalongan: Jurusan Tarbiyah Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Pekalongan, 2015.
RA Muslimat NU Warulor Wiradesa merupakan lembaga pendidikan Islam taman kanak – kanak, yang bertanggung jawab untuk menjadikan anak didiknya menjadi generasi penerus bangsa yang mempunyai kepribadian muslim. Selain hal demikian guru juga bertugas dan berkewajiban membuat perangkat pembelajaran seperti rencana pembelajaran, dan lain sebagainya. Sehingga dengan demikian proses belajar mengajar akan lebih efektif dan sistematis dengan adanya perangkat pembelajaran yang ada. Namun sebagian besar guru RA atau TK pada umumnya, khususnya di RA Muslimat NU Warulor Wiradesa masih keteteran dalam membuat perangkat pembelajaran tersebut, karena memang begitu banyak problematika yang para guru hadapi dalam pembuatan rencana pembelajaran. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui pedoman pembuatan dan untuk mengetahui penerapan pembuatan Rencana Kegiatan Pembelajaran di Raudlatul Athfal Muslimat NU Warulor Wiradesa Pekalongan, dan Untuk mengetahui problematika yang membuat beberapa guru kerepotan membuat rencana kegiatan pembelajaran. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi motivasi bagi para guru RA di RA Muslimat NUR Warulor pada khususnya dan guru TK di Indonesia pada umumnya agar tidak menyepelekan esensi dari perangkat pembelajaran. Kemudian juga menjadi PR besar bagi pemerintah untuk memperdayakan guru RA atau TK di seluruh Indonesia agar profesionalismenya meningkat.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif lapangan dengan mengambil lokasi di RA Muslimat NU Warulor Wiradesa Pekalongan. Subyek data dalam penelitian ini adalah guru RA Muslimat NU Warulor Wiradesa Pekalongan. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi (pengamatan), wawancara, dan dokumentasi. Pemerikasaan keabsahan data dilakukan melalui teknik analisis data yang di dapat dari RA Muslimat NU Warulor Wiradesa, serta dibandingkan dengan teori yang didapat melalui penelitian dari berbagai buku yang berkaitan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pedoman pembuatan dan penerapan pembuatan Rencana Kegiatan Pembelajaran di Raudlatul Athfal Muslimat NU Warulor Wiradesa Pekalongan dapat dikatakan baik jika dilihat dari teori yang ada. Pada dasarnya komposisi RKH yang digunakan guru RA Muslimat NU Warulor Wiradesa Pekalongan sudah sesuai standar yang digunakan sebagai acuan. (2) Berbagai problematika dalam pembuatan RKH, seperti kekurangan waktu pembuatan RKH dan perangkat pembelajaran lain, banyak kegiatan dan pelatihan yang diikuti para guru yang semakin mengurangi waktu pembuatan RKH dan perangkat pembelajaran lain, kurangnya gaji guru RA dan tidak ada biaya intensif, dan minimnya tenaga kependidikan. Merupakan problematika yang dialami pada umumnya guru TK atau guru RA di seruluh Indonesia. Jadi hal ini
2
merupakan PR besar bagi pemerintah untuk segera mensejahterakan para guru TK atau RA di Indonesia.
16SK1621069.00 | SK PAI 16.069 FAT p | My Library (Lantai 3 Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain