SKRIPSI IAT
Tradisi Pembacaan Surat Yasin Di Pondok Pesantren Miss Hadirul Ulum Tasikrejo Ulujami Pemalang (Studi Living Qur'an)
Kata Kunci: Tradisi Pembacaan Suarat Yāsīn.
Skripsi ini membahas tentang tradisi pembacaan al-Qur’an namun yang difokuskan dalam skripsi ini adalah surat Yāsīn. Skripsi ini bertujuan untuk menyampaikan bahwa di kalangan umat muslim sudah tidak asing lagi dalam membaca surat-surat yang ada dalam al-Qur’an dengan bertujuan untuk mendatangkan kemanfaatan bagi dirinya, selain sebagai ibadah mereka juga ada maksud untuk mendapat khasiat dari surat yang dibacanya.
Hal semacam itu telah menunjukan bahwa al-Qur’an telah melahirkan berbagai bentuk respon dan peradaban bagi umat Islam. Kajian yang lebih menekankan pada aspek respon masyarakat terhadap kehadiran al-Qur’an di tengah-tengah kehidupan mereka di sebut dengan Living Qur’an (al-Qur’an in everyday life). Kaum Muslim Indonesia khususnya diantara mereka banyak yang melakukan amalan-amalan dengan cara membaca surat-surat al-Qur’an secara rutin bahkan ada juga yang menjadikan bacaan al-Quran sebagai tradisi, surat-surat yang biasa dijadikan sebuah ritual biasanya surat al- Wāqi‘ah, Yāsīn, al-Rahman, al-Kahfi, al-Dukhan, dan masih banyak surat-surat yang lain. Sebagai surat yang paling sering ditradisikan oleh kaum Muslimin adalah surat Yāsīn. Kegiatan semacam itu bisa ditemukan diberbagai tempat seperti di Pondok Pesantren MISS Hadirul Ulum yang mengamalkan pembacaan surat Yasin.
Adapun rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah: Bagaimana proses pembacaan surat Yāsīn di Pon-Pes MISS Hadirul Ulum ?. Apa dasar pembacaan surat Yāsīn di Pon-Pes MISS Hadirul Ulum ?. Apa makna pembacaan surat Yāsīn bagi santri di Pon-Pes MISS Hadirul Ulum ?.
Untuk mengidentifikasi persoalan tersebut, peneliti menggunakan penelitian lapangan ( field research). Sumber data primer dari penelitian ini yaitu wawancara kepada Pengasuh, Ustadz dan santri Pon-Pes MISS Hadirul Ulum dan juga mengamati kegiatan-kegiatan yang ada di sana, sedangkan sumber data sekundernya yaitu literatur-literatur atau buku-buku yang berkaitan dengan tema yang di bahas dalam penelitian ini.
Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini yaitu: Pertama, Rutinitas Pembacaan surat Yāsīn di Pon-Pes MISS Hadirul Ulum ada tiga waktu yang pertama surat Yāsīn di baca setiap selesai shalat Magrib (harian) kedua
x
surat Yāsīn dibaca setiap malam jum’at (mingguan) ketiga surat Yāsīn dibaca setiap malam niṣfu sya‘bān (tahunan). Adapun pelaksanaan pembacaannya adalah surat Yāsīn dibaca seperti biasa yaitu dari awal surat sampai akhir surat dengan tartil, surat Yāsīn dibaca satu kali kecuali pada malam niṣfu sya‘bān surat Yāsīn dibaca tiga kali setelah selesai pembacaan langsung disusul dengan do’a.
Hasil dari analisis peneliti bahwa surat Yāsīn dibaca secara rutin di Pon-Pes MISS Hadirul Ulum itu tidak lepas dari keyakinan para pelaku terhadap hadits-hadits yang menjelaskan tentang keutamaan membaca surat Yāsīn. Kedua,Tujuan pengasuh dan para Ustadz Pon-Pes MISS Hadirul Ulum dalam membaca surat Yāsīn setiap ba’da shalat Magrib adalah supaya para santri terbiasa membaca al-Qur’an untuk menanamkan rasa cinta terhadap al-Qur’an dengan harapan mendapat rahmat, hidayah dan ridho Allah serta mendapat syafaat dari al-Qur’an kelak di akhirat, dan juga mendapat balasan dari membaca surat Yāsīn yaitu bisa memahami kandungan al-Qur’an, mendapat kemudahan dalam menjalani kehidupan, mendapat ampunan Allah atas dosa-dosa, selain itu agar bisa wafatnya syahid sehingga bisa khusnul khotimah, dan masih banyak pendapat ulama’ tentang keutamaan membaca surat Yāsīn. Ketiga, Diantara dasar yang dipegangi oleh pengasuh dan para ustadz dalam mengamalkan pembacaan surat Yāsīn tidak lepas dari pengalaman mereka ketika masih belajar kitab kuning, ketika mereka membaca kitab kuning mereka temukan hadits-hadits yang menjelaskan keutamaan membaca surat Yāsīn sehingga dalam hati mereka telah tertanamkan rasa keyakinan dan termotivasi untuk mengamalkannya.
16SK1631019.00 | SK IAT 16.019 DAM t | My Library (Lantai 3 Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain