SKRIPSI PAI
Penanaman Pendidikan Budi Pekerti dalam Menanggulangi Kenakalan Siswa di SMK Negeri Karangdadap Pekalongan
vii
ABSTRAK
Maziyah, Nihlatul. 2015. Penanaman Pendidikan Budi Pekerti dalam Menanggilangi Kenakalan Siswa di SMK Negeri Karangdadap Pekalongan. Skripsi Jurusan Tarbiyah Program Studi PAI Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pekalongan. Dosen Pembimbing : DRs. H.Abdul Mu’in, M.A
Kata kunci : Penanaman Pendidikan Budi Pekerti dan Kenakalan Siswa
Pendidikan budi pekerti merupakan usaha sadar untuk menyiapkan peserta didik menjadi manusia seutuhnya yang berbudi pekerti luhur dalam segenapnya sekarang dan masa yang akan datang. Dalam menyajikan pendidikan budi pekerti, guru diharapkan membantu peserta didik mengembangkan dirinya, baik secara mental maupun spiritual keagamaan. SMK Negeri 1 Karangdadap Pekalongan merupakan sekolah berbasis kejuruan Namun dalam proses pemberian pendidikan budi pekerti di sekolah sering kali ditemukan problem atau kendala yang dilakukan, ini bersumber tidak hanya pada peserta didik saja, akan tetapi faktor lain juga mempengauhinya, misalnya faktor lingkungan, guru, orangtua, teman bermain, dan media elektronik. Meskipun bentuk-bentuk kendala itu hanya terjadi sebagian kecil saja, namun jika dibiarkan akan menjalar menjadi kendala yang lebih besar.
Dalam penelitian ini peneliti memaparkan rumusan masalah yaitu, bagaimana penanaman pendidikan budi pekerti di SMK Negeri 1 Karangdadap Pekalongan ?, Apa saja bentuk-bentuk kenakalan siswa di SMK Negeri 1 Karangdadap Pekalongan?, Apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat dalam penanaman pendidikan budi pekerti di SMK Negeri 1 Karangdadap Pekalongan?. Tujuan penelitiannya adalah untuk mengetahui penanaman pendidikan budi pekerti di SMK Negeri 1 Karangdadap Pekalongan, untuk mengetahui bentuk-bentuk kenakalan siswa di SMK Negeri 1 Karangdadap Pekalongan, dan untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat dalam penanaman pendidikan budi pekerti di SMK Negeri 1 Karangdadap Pekalongan. Dalam kegunaan penelitian ini terdapat dua manfaat yaitu manfaat secara teoritis adalah penelitian ini diharapkan dapat digunakan untuk menambah dan memperkaya khasanah pustaka dalam dunia pendidikan. Sedangkan manfaat secara praktisnya adalah 1) penelitian ini diharapkan mampu memberikan wacana bagi guru dalam melaksanakan tugasnya untuk lebih memperhatikan siswanya dan mengarahkan pada kebaikan. 2) penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangan pemikran pada sekolah sehingga dapat mengurangi dan mengantisipasi permasalahan yang timbul dari siswa delinkuen.
Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif yaitu salah satu pendekatan dalam melakukan penelitian berorientasi pada fenomena atau gejala yang bersifat alami. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis yang digunakan adalah analisis data Milles and Hubberman meliputi reduksi data, penyajian data dan kesimpulan.
viii
Hasil penelitian ini adalah bahwa penanaman pendidikan budi pekerti di SMK Negeri 1 Karangdadap Pekalongan dilaksanakan dengan mengintegrasikan konten kurikulum pendidikan budi pekerti yang telah dirumuskan ke dalam seluruh mata pelajaran yang relevan, terutama mata pelajaran agama dengan menggunakan metode pembiasaan, keteladanan, nasehat dan lain-lain. Adapun bentuk kenakalan siswa di SMK Negeri 1 Karangdadap Pekalongan melanggar ketentuan seragam sekolah, tidak masuk sekolah tanpa izin/keterangan, pulang belum waktunya, tidak mengikuti upacara, kelengkapan seragam kurang, di kantin waktu jam pelajaran, berambut panjang bagi laki – laki, ramai saat pelajaran berlangsung, merokok, tidak mengerjakan tugas, dan tidak mengikuti pelajaran. Faktor pendukung dalam penanaman pendidikan budi pekerti adalah keluarga dan keteladanan guru sedangkan faktor penghambat dalam penanaman pendidikan budi pekerti adalah lingkungan sekitar adan penggunaan media elektronik.
16SK1621066.00 | SK PAI 16.066 MAZ p | My Library (Lantai 3 Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain