SKRIPSI PAI
Pengaruh Variasi Gaya Mengajar Guru Terhadap Motivasi Belajar PAI Siswa MI Roudlotul Huda Terban Kecamatan Warungasem Kabupaten Batang
vii
ABSTRAK
Fatkhillah, Nikmun. 2015. Pengaruh Variasi Gaya Mengajar Guru Terhadap Motivasi Belajar PAI Siswa MI Roudlotul Huda Terban Kecamatan Warungasem Kabupaten Batang. Skripsi. Jurusan/Program Studi: Tarbiyah/Pendidikan Agama Islam (PAI) Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pekalongan. Pembimbing: Dr. Slamet Untung, M.Ag
Kata kunci : Variasi mengajar guru, motivasi belajar
Variasi adalah keanekaan yang membuat sesuatu tidak monoton. Variasi di dalam kegiatan pembelajaran dapat menghilangkan kebosanan, meningkatkan minat dan keingintahuan siswa, melayani gaya belajar siswa yang beragam, serta meningkatkan kadar keaktifan siswa. Dengan hal ini guru dituntut memiliki keterampilan dalam variasi mengajar. Variasi mengajar adalah bermacam atau beragamnya bentuk (rupa) kegiatan yang dilakukan guru dalam menyajikan materi pelajaran kepada siswa. Guru MI Roudlotul Huda mengadakan variasi mengajar untuk meningkatkan minat anak didiknya agar lebih termotivasi dalam belajar. Dengan adanya variasi mengajar yang berikan guru dapat menjadi sebuah motivasi bagi siswa dalam belajar PAI.
Dalam penelitian ini, rumusan masalahnya adalah bagaimana variasi mengajar guru, motivasi belajar PAI siswa dan bagaimana pengaruh variasi mengajar guru terhadap motivasi belajar PAI siswa MI Roudlotul Huda Terban Kecamatan Warungasem Kabupaten Batang?. Tujuannya adalah untuk mendeskripsikan variasi mengajar guru, mendeskripsikan motivasi belajar PAI siswa dan mendeskripsikan pengaruh variasi mengajar guru terhadap motivasi belajar PAI siswa MI Roudlotul Huda Terban Kecamatan Warungasem Kabupaten Batang. Kegunaannya adalah memperluas wawasan dan menambah pengetahuan serta mengembangkan khazanah keilmuan, sebagai pedoman guru untuk dapat menjadi informasi tentang bagaimana pentingnya penerapan variasi mengajar guru PAI, dan dapat meningkatkan professional guru sebagai tenaga pengajar
Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan menggunakan jenis penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan datanya yaitu dengan menggunakan angket. Teknik analisis datanya yaitu dengan menggunakan rumus regresi linier sederhana.
Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa variasi mengajar guru termasuk dalam kategori baik, hal ini berdasarkan interval yang diperoleh yaitu 60. Nilai tersebut dalam interval 59-64. Adapun Motivasi belajar PAI siswa termasuk dalam kategori baik, hal ini berdasarkan interval yang diperoleh yaitu 71. Nilai tersebut dalam interval 71-72. Setelah dilakukan penelitian didapat nilai ttest = 3,780. Kemudian hasil tersebut diuji pada tingkat signifikan 5% dengan ttabel = 2,015 dan 1% dengan ttabel =2,692 ternyata hasilnya ttest ≥ ttabel maka Ho ditolak, Ha diterima. Diuraikan baik perhitungan tingkat signifikan 5% dan 1% memiliki interpretasi sama, bahwa variasi mengajar guru terhadap motivasi belajar PAI siswa MI Roudlotul Huda Terban Kecamatan Warungasem Kabupaten Batang terdapat pengaruh yang signifikan. Dengan demikian hipotesis diterima.
16SK1621064.00 | SK PAI 16.064 FAT p | My Library (Lantai 3 Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain