SKRIPSI PAI
Pengaruh Kegiatan Ekstrakurikuler BTQ terhadap Kemampuan Siswa dalam Membaca Al-Qur’an di SMK Muhammadiyah Kesesi Kabupaten Pekalongan Tahun Ajaran 2014/2015
vii
ABSTRAK
Maqbulah, Umu Aisyiatul. 2015. Pengaruh Kegiatan Ekstrakurikuler BTQ terhadap Kemampuan Siswa dalam Membaca Al-Qur’an di SMK Muhammadiyah Kesesi Kabupaten Pekalongan Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi Jurusan/Program Studi Pendidikan Agama Islam, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pekalongan. Pembimbing Dra. Hj. Musfirotun Yusuf, M.M
Kata kunci: Ekstrakurikuler BTQ, membaca Al-Qur’an.
Ekstrakurikuler BTQ adalah kegiatan tambahan yang dilaksanakan di luar jam pelajaran biasa agar memperkaya wawasan pengetahuan dan kemampuan siswa dalam membaca dan menulis Al-Qur’an melalui bimbingan, pengajaran atau latihan siswa sebagai penunjang dan pendamping kegiatan intrakurikuler. Ekstrakurikuler BTQ memegang pengaruh penting terhadap kemampuan siswa dalam membaca Al-Qur’an. kemampuan membaca Al-Qur’an dapat dilihat dari kesanggupan seseorang memperoleh informasi dan memahami isi yang tertulis dari membaca kitab Allah yang ditulis dalam mushaf dan berbahasa arab. Siswa yang mampu membaca Al-Qur’an dengan lancar didukung dengan kegiatan ekstrakurikuler yang mendukung seperti ekstrakurikuler BTQ.
Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana kegiatan ekstrakurikuler BTQ di SMK Muhammadiyah Kesesi Kabupaten Pekalongan? Bagaimana kemampuan siswa dalam membaca Al-Qur’an di SMK Muhammadiyah Kabupaten Pekalongan? Bagaimana pengaruh kegiatan ekstrakurikuler BTQ terhadap kemampuan siswa dalam membaca Al-Qur’an di SMK Muhammadiyah Kesesi Tahun Ajaran 2014/2015? Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui ekstrakurikuler BTQ di SMK Muhammadiyah Kesesi Kabupaten Pekalongan, untuk mengetahui kemampuan siswa dalam membaca Al-Qur’an di SMK Muhammadiyah Kesesi Kabupaten Pekalongan, untuk mengetahui pengaruh kegiatan ekstrakurikuler BTQ terhadap kemampuan siswa dalam membaca Al-Qur’an di SMK Muhammadiyah Kesesi Tahun Ajaran 2014/2015.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket, metode wawancara, metode dokumentasi dan metode tes. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi linier sederhana.
Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan antara kegiatan ekstrakurikuler BTQ terhadap kemampuan siswa dalam membaca Al-Qur’an. setelah dianalisis dengan menggunakan analisis regresi linear sederhana dengan rumus Ŷ = a + bX, maka diperoleh persamaan regresi sebagai berikut Y= 55,23+0,196X. Selain itu diperoleh pula nilai r square sebesar 0,200. Hal ini menunjukkan bahwa 20,0% kemampuan siswa dipengaruhi oleh kegiatan ekstrakurikuler BTQ, sedangkan sisanya sebesar 80,0% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.
16SK1621063.00 | SK PAI 16.063 MAQ p | My Library (Lantai 3 Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain