SKRIPSI PAI
Persepsi Siswa Kelas IX MTs IN (Isthifaiyah Nahdhiyah) Banyurip Ageng Pekalongan Dalam Menentukan Pendidikan Jenjang Lebih Tinggi
vii
ABSTRAK
Muslim, Edward. 2015. Persepsi Siswa Kelas IX MTs IN (Isthifaiyah Nahdhiyah) Banyurip Ageng Pekalongan Dalam Menentukan Pendidikan Jenjang Lebih Tinggi. Skripsi Jurusan Tarbiyah Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pekalongan. Dra. Hj. Fatikhah, M. Ag
Kata kunci: Persepsi siswa, Menentukan Pendidikan.
Siswa memiliki hak dan kewajiban untuk terus menuntut ilmu. Bagi siswa kelas IX MTs Isthifaiyah Nahdhiyah Banyurip Ageng Pekalongan yang akan lulus memiliki persoalan tentang kemana mereka akan melanjutkan sekolah ke jenjang lebih tinggi. Siswa memiliki peran untuk memilih lembaga pendidikan yang sesuai dengan minat dan kehendaknya. Namun bagi siswa yang melanjutkan sekolah atas dasar mengikuti teman karibnya atau hanya mengikuti keinginan orang tua dan atau terkendala oleh biaya, hal itu akan mengganggu proses pendidikan siswa.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana persepsi dan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi persepsi siswa kelas IX MTs Isthifaiyah Nahdhiyah Banyurip Ageng Pekalongan dalam menentukan pendidikan jenjang lebih tinggi? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi dan faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi siswa kelas IX MTs Isthifaiyah Nahdhiyah Banyurip Ageng Pekalongan dalam menentukan pendidikan jenjang lebih tinggi. Kegunaan penelitian ini secara teoritis dapat memberikan kontribusi keilmuan dalam bidang pendidikan, khususnya kebutuhan masyarakat terhadap lembaga pendidikan yang ada. Secara praktis penelitian ini berguna sebagai bahan evaluasi bagi pemerintah, lembaga pendidikan dan orang tua siswa dalam membangun dan mengembangkan pendidikan, khususnya pendidikan dasar dan menengah.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Penelitian yang dilakukan ini termasuk jenis penelitian lapangan (field research). Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah metode observasi, wawancara, serta dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi siswa kelas IX MTs Isthifaiyah Nahdhiyah Banyurip Ageng Pekalongan dalam menentukan pendidikan jenjang lebih tinggi adalah siswa memberikan persepsi terhadap MA/MAN, SMK, SMA dan terhadap lembaga pendidikan negeri atau swasta. Sedangkan faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi siswa kelas IX MTs Isthifaiyah Nahdhiyah Banyurip Ageng Pekalongan ada empat, yaitu: (1) Minat, bagi siswa yang melanjutkan ke SMK beralasan ingin cepat bekerja, bagi siswa yang melanjutkan ke MA/MAN beralasan ingin memperdalam ilmu agama Islam dan bagi siswa yang melanjutkan ke SMA ingin meningkatkan prestasi di sekolah yang unggul dan berprestasi. (2) Ekonomi, bagi siswa yang tergolong dari keluarga kurang mampu lebih memilih sekolah yang lebih terjangkau namun bagi siswa yang hidup dengan keluarga mapan tidak begitu mempermasalahkan akan biaya dan cenderung lebih memprioritaskan sekolah yang sesuai dengan minat
viii
mereka. (3) Motivasi, Motivasi yang muncul dari dalam diri siswa seperti adanya harapan dan upaya mewujudkan cita-cita. Sedangkan motivasi dari luar dapat diketahui dari nasihat-nasihat dan dorongan orang tua yang diterima oleh siswa untuk melanjutkan sekolah kejenjang lebih tinggi. (4) Agama, Kebutuhan siswa terhadap ilmu agama Islam menjadikan siswa kelas IX MTs Isthifaiyah Nahdhiyah Banyurip Ageng Pekalongan lebih banyak yang memilih untuk melanjutkan ke MA/MAN dibandingkan dengan lembaga pendidikan lain. Dari delapan informan, empat diantaranya memilih untuk melanjutkan ke MA/MAN, tiga melanjutkan ke SMK dan satu melanjutkan ke SMA.
16SK1621053 | SK PAI 16.053 MUS p | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain