TA PERBANKAN SYARIAH
Peran Personal Selling Dalam Peningkatan Jumlah Nasabah Tabungan Simpanan Berguna Di BMT Citra Keuangan Syariah Comal Pemalang
Kata Kunci : Personal Selling, Jumlah Nasabah
BMT yang merupakan lembaga keuangan mikro berfungsi sebagai penyedia kredit masyarakat, khususnya pengusaha kecil dengan mengacu pada sistem bagi hasil, bukan bunga sebagai layaknya lembaga keuangan lainnya, seperti bank konvesional. Oleh karena itu, BMT adalahlembaga alternatif yang pengelolaan dan strategi instrumennya berdasarkan prinsip syariah. Nasabah merupakan salah satu faktor terpenting dalam meraih kesuksesan dalam memasarkan produk-produk yang ditawarkan oleh BMT. Produk yang ditawarkan haruslah memenuhi keinginan dan kebutuhan nasabahnya. Jadi, setiap produk selalu diarahkan guna memenuhi kebutuhan dan keinginan sehingga terjadi kepuasan nasabah. Maka peluncuran produk perlu strategi-strategi tertentu, strategi ini dikenal dengan nama strategi produk.
Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu, mengenai personal selling yang dilakukan oleh BMT Citra Keuangan Syariah Comal Pemalang dan peran personal selling dalam peningkatan jumlah nasabah tabungan simpanan berguna (Sim B) di BMT Citra Keuangan Syariah Comal Pemalang. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research), dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Personal Selling merupakan satu-satunya alat promosi yang menyajikan presentasi pribadi dalam bentuk percakapan langsung saling bertatap muka antara penjual dengan satu atau lebih pembeli dimana penjualan personal (personal selling) dapat membujuk atau mempengaruhi pembeli dengan tujuan tercipta suatu penjualan. Tujuan-tujuan personal selling antara lain, mengadakan analisis pasar, menentukan calon pembeli, mengadakan komunikasi, memberikan pelayanan, dan memajukan pelanggan. Prinsip-Prinsip personal selling adalah: persiapan yang matang, mendapatkan atau menemukan tempat pembeli, merealisasikan penjualan, menimbulkan goodwill setelah penjualan terjadi. Personal selling memiliki beberapa tahap yaitu: mencari calon pelanggan, pendekatan, presetasi dan demonstrasi, mengatasi keberatan, penutupan. tindak lanjut dan pemeliharaan.
Peran personal selling dalam peningkatan jumlah nasabah tabungan simpanan berguna di BMT Citra Keuangan Syariah Comal Pemalang sangat besar. Hal ini dapat dibuktikan dari jumlah nasabah yang menurun drastis akibat dari pengurangan tenaga personal selling sehingga jumlah nasabah di BMT Citra Keuangan Syariah Comal Pemalang juga menurun secara drastis
16TA1612025.00 | TA D-3PBS 16.025 AZI p | My Library (Lantai 3, Tugas Akhir) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain