TA PERBANKAN SYARIAH
Strategi Promosi Dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah (Di BMT SM NU Cabang Bojong Produk Siharfi)
Promosi merupakan kegiatan yang termasuk penting, dalam kegiatan ini setiap lembaga keuangan berusaha untuk mempromosikan seluruh produk dan jasa yang dimiliknya baik langsung maupun tidak langsung. Oleh karena itu, promosi merupakan sarana yang paling ampuh untuk menarik dan mempertahankan nasabahnya. Secara garis besar keempat macam sarana promosi yang dapat digunakanan adalah periklanan, promosi penjualan, penjualan pribadi, dan publikasi.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif, metode pengambilan data, observasi, wawancara dan dokumentasi, serta dengan cara membaca keperpustakaan, internet, dan media.
Berdasarkan hasil penelitian, penulis mengambil kesimpulan bahwa strategi promosi yang digunakan BMT SM NU Cabang Bojong pada produk SIHARFI dalam meningkatkan jumlah nasabah adalah: periklanan, promosi penjualan, penjualan pribadi dan publikasi. Dari beberapa cara promosi tersebut pihak BMT SM NU Cabang Bojong akhirnya cukup sukses dalam meningkatkan jumlah nasabah, terbukti dengan peningkatan jumlah nasabah siharfi yang dari tahun ke tahun mengalami peningkatan. Strategi promosi yang digunakan BMT SM NU Cabang diantaranya: periklanan di BMT SM NU Cabang Bojong dilakukan dengan menggunakan media cetak, dimana media cetak yang digunakan seperti: brosur, koran dan spanduk. Promosi penjualan yang dilakukan yaitu dengan memberikan bonus berupa sembako dan hadiah tersendiri bagi kolektor siharfi. Personal selling dilakukan dengan cara memperkenalkan dan menarik minat konsumen terhadap produk yang di tawarkan secara tatap muka dan memberikan informasi tentang produk SIHARFI. Publikasi yang dilakukan adalah mengikuti pameran-pameran. Dari keempat cara promosi tersebut dapat disimpulkan bahwa antara promosi yang satu dengan yang lainnya merupakan kegiatan promosi yang saling mendukung untuk meningkatkan jumlah nasabah. Dalam melakukan strategi promosi, BMT SM NU Cabang Bojong tidak luput dari hambatan-hambatan yang dihadapi, tetapi ada juga faktor yang mendukungnya, baik dari sarana promosi periklanan, penjualan, personal selling dan publikasi.
16TA1612024.00 | TA D-3PBS 16.024 SEP s | My Library (Lantai 3, Tugas Akhir) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain