SKRIPSI PAI
Pengaruh Prestasi Belajar Akidah Akhlak Dengan Perilaku Siswa Dalam Bergaul Dengan Teman Sebaya Di SMA Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
vii
A B S T R A K
Ruwaidah. 2015. Pengaruh Prestasi Belajar Akidah Akhlak Dengan Perilaku
Siswa Dalam Bergaul Dengan Teman Sebaya Di SMA Muhammadiyah Pekajangan
Pekalongan. Jurusan/Program Studi: Tarbiyah/S1 PAI Sekolah Tinggi Agama Islam
Negeri (STAIN) Pekalongan. Pembimbing: Siti Mumun Muniroh, S.Psi, MA
Kata kunci : Prestasi Belajar dan Perilaku Siswa.
Siswa yang mendapatkan nilai yang tinggi atau memilki prestasi belajar yang
baik harusnya dapat diimbangi dengan akhlak atau perilaku yang baik. Hal ini karena
siswa mempunyai tanggung jawab atas nilai yang diberikan oleh guru dari hasil
belajar siswa serta didukung oleh peran orang tua dan masyarakat dalam pembinaan
dan atas penanaman budi pekerti siswa, sehingga dapat tercipta kepribadian siswa
yang mampu untuk bekerja keras, berdisiplin, beriman, bertanggung jawab, jujur,
sopan santun dan lain-lain.
Rumusan masalah yang dikaji dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana prestasi
belajar Akidah Akhlak siswa di SMA Muhammadiyah 01 Pekajangan Pekalongan, 2)
Bagaimana perilaku siswa dalam Bergaul dengan teman sebaya di SMA
Muhammadiyah 01 Pekajangan Pekalongan. 3) Adakah pengaruh prestasi belajar
akidah akhlak dengan perilaku siswa dalam bergaul dengan teman sebaya di SMA
Muhammadiyah 01 Pekajangan Pekalongan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah
untuk mendeskripsikan prestasi belajar Akidah Akhlak siswa di SMA
Muhammadiyah 01 Pekajangan Pekalongan, untuk mendeskripsikan Perilaku Siswa
dalam Bergaul dengan Teman Sebaya di SMA Muhammadiyah 01 Pekajangan
Pekalongan, untuk membuktikan ada tidaknya pengaruh prestasi belajar akidah
akhlak dengan perilaku siswa dalam bergaul dengan teman sebaya di SMA
Muhammadiyah 01 Pekajangan Pekalongan. Kegunaan penelitian ini adalah sebagai
bahan pembelajaran bagi guru SMA Muhammadiyah 01 Pekajangan Pekalongan
dalam mendidik siswanya.
Jenis penelitian ini adalah studi lapangan (field research). Sedangkan
pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Sedangkan metode
pengumpulan data dalam penelitian ini observasi, angket dan dokumentasi. Adapun
dalam menganalisis data peneliti menggunakan rumus product moment.
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: Pertama, Prestasi belajar Akidah
Akhlak siswa di SMA Muhammadiyah 01 Pekajangan Pekalongan termasuk kategori
cukup baik. Kedua, Perilaku siswa dalam bergaul dengan teman sebaya di SMA
Muhammadiyah 01 Pekajangan Pekalongan (Variabel Y) termasuk dalam kategori
cukup baik. Ketiga, Dari hasil perhitungan product moment dengan N = 32 diperoleh
hasil bahwa nilai rxy = 0,536 terletak pada interval 0,41 – 0,70. Nilai t r pada tingkat
kesalahan 5 % adalah 0,35, sedang pada tingkat kesalahan 1 % adalah 0,45. Dari
hasil perhitungan di dapatkan bahwa rxy > rt, , maka o H ditolak, a H diterima sehingga
dapat disimpulkan bahwa antar variabel X dan Y terdapat pengaruh yang cukup atau
sedang. Maka dapat dikatakan bahwa antara prestasi belajar akidah akhlak dengan
perilaku siswa dalam bergaul dengan teman sebaya di SMA Muhammadiyah 01
Pekajangan Pekalongan terdapat pengaruh positif yang signifikan. Dengan demikian
hipotesis yang penulis ajukan dapat diterima kebenarannya.
16SK1621048 | SK PAI 16.048 RUW p | My Library (Lantai 3 Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain