SKRIPSI PAI
Implementasi Pembelajaran al-Qur’an di Taman Pendidikan al-Qur’an (TPQ) al-Amiin Desa Podosari Kesesi Pekalongan
vii
ABSTRAK
Fiqih, Hengki Nur. 2015. Implementasi Pembelajaran al-Qur’an di Taman Pendidikan al-Qur’an (TPQ) al-Amiin Desa Podosari Kesesi Pekalongan. Pembimbing: Drs. H. Fachrullah, M. Hum.
Kata kunci: Implementasi, Pembelajaran, al-Qur’an.
Idealnya santri yang sudah di wisuda bisa membaca al-Qur’an dengan baik dan benar serta paham mengenai hukum bacaan ilmu tajwid dan Ghoroibul Qira’ah. Namun para alumni atau yang sudah di wisuda di TPQ al-Amiin ada yang masih belum lancar dalam membaca al-Qur’an dan juga belum menguasai ilmu tajwid secara keseluruhan serta Ghoroibul Qira’ah. Selain itu, untuk yang jilid 4 seharusnya sudah mengetahui mengenai hukum bacaan tajwid. Namun hal ini tidak diterapkan dalam pembelajaran. Hal tersebut terjadi karena di pengaruhi oleh beberapa hal, seperti kurangnya tenaga pengajar, sarana dan prasarana yang kurang memadai, alokasi waktu yang kurang mencukupi, dan kurangnya perhatian dari orang tua mengenai anak dalam membaca al-Qur’an.
Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah bagaimana pelaksaan pembelajaran di TPQ al-Amiin desa Podosari? Apa saja faktor yang mempengaruhi pembelajaran di TPQ al-Amiin Desa Podosari?
Jenis penelitiannya adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah sumber data primer adalah ustadz/ustadzahnya dan santri dan sumber data skunder adalah bersumber dari berbagai buku atau data-data yang berkaitan dengan pembelajaran al-Qur’an. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah obsevasi, wawancara dan dokumentasi. Dan untuk menganalisis data menggunakan analisis interaktif. Dan akhirnya ditarik dengan kesimpulan.
Dari hasil penelitian kualitatif yang penulis laksanakan menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran di TPQ al-Amiin desa Podosari berjalan kurang efisien dikarenakan keterbatasan sumber daya manusia (Ustadz/Ustadzah), alokasi waktu yang masih minim, serta kurangnya sarana dan prasarana sebagai penunjang pembelajaran. Faktor yang mempengaruhi pembelajaran al-Qur’an di TPQ al-Amiin yaitu berasal dari faktor internal dan eksternal. Faktor internal meliputi intelegensi, minat dan motivasi. Sedangkan untuk faktor eksternalnya yaitu faktor keluarga, tempat pembelajaran dan lingkungan sekitar. Sehingga dapat disimpulkan bahwa faktor yang menghambat pembelajaran yaitu kurangnya tenaga pengajar, alokasi waktu dan minimnya sarana dan prasarana serta kurangnya perhatian orang tua dalam membimbing anaknya.
16SK1621045 | SK PAI 16.045 FIQ i | My Library (Lantai 3 Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain