SKRIPSI PAI
Pelaksanaan Pendidikan Inklusi Pada Mata Pelajaran PAI di SMP Negeri 10 Pekalongan
vii
ABSTRAK
Ilmanafia, Naila 2015. Pelaksanaan Pendidikan Inklusi Pada Mata Pelajaran PAI di SMP Negeri 10 Pekalongan. Skripsi Tarbiyah PAI STAIN Pekalongan. Pembimbing: Siti Mumun Muniroh, S.Psi. M.A
Kata kunci: Pendidikan Inklusi.
Pada umumnya, lokasi SLB berada di Ibu Kota/Kabupaten, padahal anak-anak berkebutuhan khusus tersebar hampir di seluruh daerah kecamatan/desa, tidak hanya di Ibu Kota/Kabupaten. Akibatnya sebagian dari mereka, terutama yang kemampuan ekonomi orang tunya lemah, terpaksa tidak disekolahkan karena SLB jauh dari rumah, sementara kalau akan disekolahkan di SD terdekat, sekolah tersebut tidak bersedia menerima karena merasa tidak mampu melayaninya. Sebagian yang lain, mungkin selama ini dapat diterima di sekolah terdekat, namun karena ketiadaan guru pembimbing khusus akibatnya mereka beresiko tinggal kelas dan akhirnya putus sekolah. Permasalahan diatas dapat berakibat pada kegagalan program wajib belajar. Untuk mensukseskan wajib belajar pendidikan dasar, dipandang perlu meningkatkan perhatian terhadap anak berkebutuhan khusus, baik yang telah memasuki sekolah reguler tetapi belum mengeyam pendidikan sama sekali karena tidak diterima di SD terdekat, ekonomi lemah atau karena sekolah SLB jauh dari tempat domisilinya.
Dari latar belakang permasalahan di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana Bagaimana pelaksanaan pendidikan inklusi pada mata pelajaran pendidikan bagi agama Islam di SMP N 10 Kota Pekalongan? dan apa saja faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan pendidikan inklusi pada mata pelajaran pendidikan agama Islam bagi anak berkebutuhan khusus di SMP N 10 Kota Pekalongan?.Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan pendidikan inklusi pada mata pelajaran pendidikan bagi agama Islam Di SMP N 10 Kota Pekalongan dan untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan pendidikan inklusi pada mata pelajaran pendidikan agama Islam bagi anak berkebutuhan khusus di SMPN 10 Kota Pekalongan.
Metode penelitian yang digunakan penulis adalah dengan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian lapangan (field research). Kemudian dalam pengumpulan data peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun data yang sudah terkumpul dianalisis dan diteliti berdasarkan analisis yang bersifat kualitatif dengan teknik analisis induktif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber data primer dan sumber data sekunder.
Hasil penelitian tentang evaluasi pelaksanaan pembelajaran PAI bagi ABK adalah melalui pemantauan secara terus menerus terhadap kemajuan dan kemunduran belajar anak. Faktor pendukung dalam pelaksanaan pendidikan inklusi pada mata pelajaran pendidikan agama Islam antara lain: 1) Dukungan orang tua siswa, 2) Guru selalu mengajar dengan sabar dan tlaten, 3) Latar belakang pendidikan guru yang sudah sesuai 4) Didukung oleh komite sekolah, 5) Sekolah inklusi didukung oleh pemerintah Kota Pekalongan.
16SK1621043.00 | SK PAI 16.043 ILM p | My Library (Lantai 3 Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain