SKRIPSI PAI
Metode Pembinaan Akhlak Siswa SD Negeri Kauman 07 Batang Tahun Ajaran 2014/2015
vii
ABSTRAK
Risnaedi, Laela. 2021111015. 2015. Metode Pembinaan Akhlak Siswa SD Negeri Kauman 07 Batang Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi Jurusan Tarbiyah PAI Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pekalongan. Dr. H. Imam Suraji, M. Ag.
Kata Kunci : Program Pembinaan Akhlak, Metode Pembinaan Akhlak.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh keprihatinan penulis mengenai perilaku-perilaku menyimpang anak di zaman sekarang seperti anak yang berani kepada orang tua, pelecehan seksual, penyalahgunaan obat-obatan terlarang, minum-minuman keras, tawuran antar pelajar dan terlebih lagi berita baru-baru ini tentang bullying atau bahasanya membulli yang terlebih terjadi pada anak sekolah dasar. Berawal dari masalah ini, penting sekali adanya pendidikan akhlak pada generasi muda baik di lingkungan formal maupun non formal untuk membina mereka supaya berakhlakul karimah. Melihat dari realita diatas, maka metode pembinaan akhlak yang dilakukan SD Negeri Kauman 07 Batang merupakan salah satu usaha yang diharapkan dapat membentuk kepribadian muslim yang berbudi luhur, soleh dan solekhah.
Berdasarkan latar belakang tersebut peneliti melakukan penelitian mengenai Bagaimana program pembinaan akhlak siswa SD Negeri Kauman 07 Batang? Apa saja metode yang digunakan para guru dalam pembinaan akhlak siswa SD Negeri Kauman 07 Batang? Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui program pembinaan akhlak siswa SD Negeri Kauman 07 Batang, mengetahui apa saja metode yang digunakan para guru dalam pembinaan akhlak siswa SD Negeri Kauman 07 Batang.
Jenis penelitian ini yaitu penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data menggunakan tehnik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan dengan cara Milles and Huberman yaitu reduksi data, display data, dan verifikasi data. Peneliti menyimpulkan bahwa Metode Pembinaan Akhlak Siswa SD Negeri Kauman 07 Batang Tahun Ajaran 2014/2015 berjalan dengan baik, dilihat dari kerjasama dan kesadaran antar satu guru dengan guru lainnya dalam melaksanakan kewajibannya untuk membina akhlak siswa sesuai yang diinginkan sekolah mencetak siswa yang berakhlakul karimah. Dapat dilihat dari kegiatan-kegiatan yang dilakukan sekolah yaitu melalui pembinaan rutin dan pembinaan terprogram. Serta beberapa metode yang efektif dilakukan oleh guru-guru kepada siswa sehingga menjadikan siswa mempunyai akhlak yang lebih baik tentunya dengan adanya metode pembinaan akhlak seperti : berperilaku baik, memiliki sikap sopan santun kepada guru, jujur, disiplin, bertanggung jawab, mencintai alam, menghargai teman sesama agama maupun non agama, tidak berkata kotor dan melaksanakan perintah agama.
16SK1621042.00 | SK PAI 16.042 RIS m | My Library (Lantai 3 Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain