SKRIPSI PAI
Pengaruh Metode Pembiasaan Membaca Al-Qur'an Terhadap Kemampuan Menghafal Surat-Surat Pendek Siswa MTsN Petarukan Kabupaten Pemalang
vii
ABSTRAK
Musfirotun Ni’mah, Lilik. 2015. Pengaruh Metode Pembiasaan Membaca Al Qur’an tergadap Kemampuan Menghafal Surat-surat Pendek Siswa MTs N Petarukan. Skripsi Jurusan/Program Studi Tarbiyah/Pendidikan Agama Islam Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pekalongan. Pembimbing Miftahul Ula, M.Ag.
Kata kunci: Metode Pembiasaan, Kemampuan Menghafal.
Metode pembiasaan sebagai salah satu metode pendidikan yang dianjurkan dalam al Qur’an dan hadits di antara beberapa metode lainnya. Upaya memudahkan hafalan Al Qur’an maka diperlukan metode yang bisa menunjang hafalan. MTs N Petarukan merupakan sekolah yang menerapkan metode pembiasaan membaca Al Qur’an dengan tujuan dapat meningkatkan kemampuan menghafal surat pendek dan do’a sehari-hari bagi siswa.
Permasalahan yang dibahas meliputi metode pembiasaan membaca al Qur’an di MTs N Petarukan, kemampuan menghafal surat-surat pendek siswa MTs N Petarukan, serta pengaruh metode pembiasaan membaca al Qur’an terhadap kemampuan menghafal surat-surat pendek siswa MTs N Petarukan. Adapun tujuan dalam pendelitian ini adalah untuk mengetahui metode pembiasaan membaca al Qur’an di MTs N Petarukan, kemampuan Menghafal surat-surat pendek siswa MTs N Petarukan, dan pengaruh metode pembiasaan membaca al Qur’an terhadap kemmapuan menghafal surat-surat pendek siswa MTs N Petarukan.
Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian lapangan. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, dokumentasi, wawancara, angket, dan tes lisan. Analisisnya dengan analisis statistik dan menggunakan rumus regresi linear sederhana.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembiasaan membaca al Qur’an di MTs N Petarukan termasuk dalam kategori baik. Hal ini di tunjukkan dari rata 50 yang terletak pada interval 50-52. Sedangkan kemampuan mengahfal surat-surat pendek siswa MTs N termasuk kategori baik. Hal ini ditunjukkan dari rata-rata 71 yang terletak pada interval 70-73. Metode pembiasaan membaca al Qur’an mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan menghafal surat-surat pendek siswa MTs N Petarukan. Hal ini terbukti dengan hasil perolehan t0 = 3,05 lebih besar dari tt pada taraf signifikan 1% = 2,728 dan nilai tt pada taraf signifikan 5% = 2,032 sehingga dapat disimpulkan bahwa Hο ditolak Ha diterima. Sementara itu besarnya presentase pengaruh metode pembiasaan membaca al-Qur’an terhadap kemampuan menghafal surat-surat pendek adalah 48,4 %. Sedangkan sisanya 51,6% dipengaruhi oleh faktor lain.
16SK1621039.00 | SK PAI 16.039 NIM p | My Library (Lantai 3 Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain