TA PERBANKAN SYARIAH
Analisis SWOT (Strenght, Weaknesses, Opportunity, Threaths) Dalam Pengembangan Produk Simpanan Menuju Sejahtera Pluss (SMESS) Di KJKS BMT Istiqlal Pekalongan
Baitul Mal Wa Tamwil (BMT) merupakan balai usaha mandiri
terpadu yang isinya berintikan lembaga bait al-mal wa at-tamwil,
yakni lembaga usaha masyarakat yang mengembangkan aspek-aspek
produksi dan investasi untuk meningkatkan kualitas kegiatan ekonomi
dalam skala kecil dan menengah.Koperasi Jasa Keuangan Syariah
selalu berusaha untuk mengembangkan usahanya, seperti halnya
produk-produk yang mereka miliki. Agar produk yang dijual laku
dipasaran, maka penciptaan produk haruslah memperhatikan tingkat
kualitas yang diinginkan nasabahnya. Dalam hal ini BMT akan
dihadapkan oleh berbagai pengaruh, baik pengaruh yang dapat
menguntungkan maupun yag merugikan. Dalam rangka menyusun
strategi tersebut, BMT harus melakukan pendekatan berdasarkan
analisis SWOT. Analisis SWOT adalah identifikasi berbagai faktor
secara sistematis untuk merumuskan strategi perusahaan.
Adapun Rumusan masalah yang diangkat dalam penelitian ini
adalah bagaimana Analisis SWOT produk SMESS dan bagaimana
penerapannya dalam pengembangan produk SMESS. Jenis penelitian
yang digunakan dalam penelitian ini adalah adalah penelitian lapangan
(field research) dengan menggunkan pendekatan kualitatif. Sumber
data yang digunakan adalah sumber data primer berupa interview
dengan bagian pemasaran di Koperasi Jasa Keuangan Syariah BMT
Istiqlal Pekalongan, dan data sekunder berupa penelitian terdahulu
serta sumber-sumber lain yang terkait. Teknik pengumpulan datanya
dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Dari hasil peneltian di dapat bahwa Penerapan analisis SWOT
terhadap pengembangan produk SMESSditerapkan dengan melihat
matrik SWOT produk SMESS. Berdasarkan pendekatan analisis
SWOT produk SMESS, BMT Istiqlal mengambil keputusan
memasarkan produk SMESS dengan cara meningkatkan
pengembangan produk SMESS. Adapun langkah-langkah yang
dilakukan yaitu dengan menambah atau mengurangi angsuran tiap
bulannya sesuai pangsapasar, selalu memonitoring setiap bulannya,
meningkatkan service excellent, menambah undian setiap bulannya
dan meningkatkan loyalitas nasabah.
Kata kunci: Analisis SWOT, Pengembangan Produk, Produk
SMESS, dan KJKS BMT Istiqlal Pekalongan.
16TA1612016.00 | TA D-3PBS 16.016 PUT a | My Library (Lantai 3, Tugas Akhir) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain