SKRIPSI PAI
Penerapan Metode Jigsaw Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Standar Kompetensi Membiasakan Akhlak Terpuji Siswa Kelas V MIS Wonoyoso 01 Buaran Kabupaten Pekalongan
vii
ABSTRAK
Nama : Surotun Nisa’
NIM : 2021311105
Judul : Penerapan Metode Jigsaw dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Aqidah Akhlak Standar Kompetensi Membiasakan Akhlak Terpuji Semester I Siswa Kelas V MIS Wonoyoso 01 Buaran Kabupaten Pekalongan
Skripsi ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang dihadapi siswa kelas MIS Wonoyoso 01 Kabupaten Pekalongan ketika mengikuti proses pembelajaran Aqidah Akhlak, masalah yang didapati ialah hasil pembelajaran Aqidah Akhlak khusunya pada materi membiasakan akhlak yang baik ketika di tempat ibadah dan tempat umum masih rendah atau dibawah KKM yang ditetapkan, yaitu 75 oleh Satuan Pendidikan MIS Wonoyoso 01 Buaran Kabupaten Pekalongan
Untuk menjadikan Pembelajaran Aqidah Akhlak lebih menarik siswa belajar, perlu diawali dalam cara menyampaikannya, salah satunya adalah dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif jigsaw. Jigsaw merupakan salah satu strategi kreatif dalam sebuah model belajar kooperatif yang menitikberatkan pada kerja kelompok siswa dalam bentuk kelompok kecil untuk membuat kesan sehingga pembelajaran menjadi lebih menyenangkan. Dengan munculnya rasa senang dan keterlibatan siswa inilah diharapkan hasil belajar siswa terhadap mata pelajaran Aqidah Akhlak terutama pada materi membiasakan akhlak yang baik ketika di tempat ibadah dan tempat umum dapat ditingkatkan.
Skripsi ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak melalui metode pembelajaran kooperatif Jigsaw pada siswa kelas V MIS Wonoyoso 01 Semsester I Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model siklus yang dilakukan secara berulang dan berkelanjutan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 38 siswa dan objeknya adalah hasil belajar Aqidah Akhlak. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar Aqidah Akhlak. Peningkatan hasil belajar dapat dilihat dari ketuntasan belajar siswa dari rata-rata nilai pada data awal siswa yaitu 71 dan memiliki ketuntasan belajar sebesar 65,8% dan pada akhir siklus pertama nilai rata-rata siswa menjadi 83 dengan ketuntasan belajarnya menjadi 65,3 % dan pada akhir siklus kedua nilai rata-rata siswa naik menjadi 85 dengan ketuntasan belajar siswa mencapai 89,54%. Selain dari meningkatnya hasil belajar siswa, proses pembelajaran di dalam kelas juga ikut mengalami peningkatan.
16SK1621037.00 | SK PAI 16.037 NIS p | My Library (Lantai 3 Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain