TA PERBANKAN SYARIAH
Efektivitas Bauran Promosi Pada Produk Tabungan Simpanan Berguna Di BMT Citra Keuangan Syariah Comal
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan promosi di BMT Citra Keuangan Syariah Comal dan untuk mengetahui efektivitas bauran promosi terhadap produk SIM B (Simpanan Berguna) di BMT Citra Keuangan Syariah Comal. Jenis penelitian dalam tugas akhir ini adalah penelitian lapangan (field research). Tempat yang dijadikan objek peneliti yaitu BMT Citra Keuangan Syariah Comal yang bertempat di Jalan Jendral Sudirman Timur No. 20A Comal Kabupaten Pemalang. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan.
Berdasarkan data terakhir tahun 2014, jumlah total nasabah simpanan berguna BMT Citra Keuangan Syariah sebanyak 639 orang, tahun 2013 sebanyak 512 orang, dan tahun 2012 jumlah nasabah sebanyak 335 orang. Setiap tahun simpanan berguna mengalami kenaikan jumlah nasabah. Jadi promosi simpanan berguna di BMT Citra Keuangan Syariah telah berhasil mancapai tujuan. Tujuan promosi simpanan berguna pada dasarnya untuk menarik minat masyarakat agar menjadi anggota BMT, sehingga bagi hasil yang diperolehpun akan maksimal.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa BMT Citra Keuangan Syariah menggunakan bauran promosi periklanan (advertising), personal selling, dan promosi penjualan (sales promotion) yang efektif di gunakan sebagai alat untuk memasarkan produknya. Dengan adanya bauran promosi tersebut masyarakat dapat mengetahui lebih dalam tentang produk simpanan berguna. Semakin banyaknya produk-produk yang diciptakan oleh lembaga keuangan syariah lainnya menjadi hambatan bagi BMT Citra Keuangan Syariah Comal dalam mempertahankan produknya.
Kata kunci: Efektivitas Bauran Promosi.
16TA1612014.00 | TA D-3PBS 16.014 SET e | My Library (Lantai 3, Tugas Akhir) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain